Patroli Dialogis Polsek Basarang Sekaligus Berikan Sosialisasi Stop Ilegal Mining

oleh -10 views

TEWENEWS, Kapuas – Anggota Polsek Basarang, Polres Kapuas, Polda Kalteng melaksanakan sosialisasi menggunakan sepanduk yang berbunyi Stop Penambangan Liar Dan Penggunaan Bahan Kimia Merkuri / Sianida, di Kec.Basarang, Kab. Kapuas, Prov. Kalteng. Selasa (13/04/2021) Pagi.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, S.I.K., M.Si. Melalui Kapolsek Basarang Ipda Suroto, S.H menyampaikan kegiatan ini kami lakukan supaya tidak ada lagi penambangan liar di wilayah Kec. Basarang dan juga menumbuhkan kesadaran dari masyarakat yang persepsinya selama ini salah dengan melakukan penambangan liar dengan maksud hanya ingin menguntungkan diri sendiri saja namun tidak melihat dampak untuk orang banyak dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga :   Personel Sat Tahti Berikan Perlengkapan Tahanan Berupa Masker

“Tentu kepada masyarakat kami jelaskan terkait sanksi pidananya seperti UU RI No. 3 Tahun 2020 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, UU RI No. 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan Bahan Kimia/Sianida, UU RI No. 9 Tahun 2008 Tentang Penggunaan Bahan Kimia dan Larangan Penggunaan Bahan Kimia Sebagai Senjata Kimia,” ujarnya

Baca Juga :   Ditpolairud Memberikan Himbauan Kepada Pengguna Alur Perairan Das Barito

“Maka dari itu Polsek Basarang mengambil tindakan yaitu dengan langsung turun kelapangan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan sosialisasi atau pemahaman tentang dampak dari penambangan liar yang selama ini dilakukan sehingga tidak ada lagi Masyarakat yang melakukan Penambangan liar yang dapat merusak lingkungan sekitar dan juga dapat merugikan Masyarakat dalam jangka waktu panjang,” ujar Ipda Suroto. (Or)