Pembenahan Drainase Pasar PBB Mendesak, Pada APBD 2020 Tak Dialokasikan

oleh -22 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pasar Bebas Banjir atau di kenal dengan nama Pasar PBB di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah masuk nominasi enam pasar aman dari bahan bahaya tingkat nasional. Hanya sayangnya saluran pembuangan air di pasar PBB justru dinilai buruk.

Adalah sejumlah masyarakat setempat yang belakangan mengeluhkan atas gangguan bau tak sedap di lingkungan pasar tradisional semi modern tersebu, akibat tersumbatnya saluran pembuangan air. Warga berharap pembenahan drainase Pasar PBB prioritas, untuk mendukung hasl baik penilaian tim pusat.

“Kami berharap perbaikan drainase pasar baik PBB maupun Pasar Ipu bisa dilaksanakan 2020 ini. Termasuk kegiatan normalisasi sungai,” ungkap Wakil Ketua I DPRD Barut, H Permana ST, disela menerima kunjungan perwakilan warga, Senin (10/2/2020) sore.

Seperti diketahui, Pasar PBB di Kelurahan Lanjas, Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, membanggakan karena masuk nominasi enam pasar aman dari bahan bahaya tingkat nasional.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat Hajrannor menyampaikan permohonan kepada semua kepala perangkat daerah agar dapat mendukung kegiatan penilaian pasar aman dari bahan berbahaya tingkat nasional, sehingga Kabupaten Barito Utara dapat memperoleh hasil yang maksimal.

“Pasar PBB sebagai salah satu nominator dari enam nominasi tingkat nasional, ini merupakan suatu kebanggaan untuk pemerintah Kabupaten Barito Utara,” kata Hajrannor, pekan lalu.

Dari penilaian tingkat provinsi sebelumnya, dari 13 kabupaten/kota di Kalteng Pasar PBB ditunjuk sebagai salah satu pasar yang memiliki kriteria pasar yang masuk dalam nominasi. Setelah masuk nominasi lalu Pasar PBB dibimbing dan dilatih oleh Pemprov Kalteng terkait dengan uji sample bahan berbahaya.

Dalam hal itu, Bupati Barito Utara Nadalsyah sangat mendukung dan juga mensuport kinerja dari semua pihak atas masuknya Pasar PBB dalam salah satu Nominator pasar aman dari bahan berbahaya sampai kancah nasional.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi pemerintahan kita, serta saya ucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang telah membantu suksesnya pasar PBB menjadi salah satu nominator pasar a PBB di Muara Teweh,” tegas H Nadalsyah.

Bupati juga memohon doa dari semua masyarakat Kabupaten Barito Utara, agar nantinya Pasar PBB dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam penilaian yang dilakukan oleh tim Penilai Pusat. (Tim)