Pembunuh Nini Jiran Ditangkap, Dihadiahi Timah Panas Oleh Polisi

oleh -3.334 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pelarian kedua tersangka Reviyani(24) dan Hajeryanor(32) pembunuh Hj.Kamriah atau Nini Jiran (60) berakhir sudah. Satreskrim Polres Barut di beckup penuh oleh Polres Kutai Barat,  menangkap kedua pelaku di wilayah Camp Tanaiq Desa Besiq, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

“ Kedua tersangka kita tangkap pada Jumat (18/6/2021) subuh sekitar pukul 03.40 WIB, pada saat penangkapan salah satu tersangka melakukan perlawanan dan kita lakukan tindakan yang terukur dengan melakukan penembakan dikaki tersangka,” ujar Kasat Reskrim Polres Barut AKP M. Tommy Palayukan, S.H., S.I.K., M.Si. kepada wartawan saat jumpa pers di Polres Barut Jumat (18/6/2021).

Baca Juga :   Gelar Ops Yustisi, Polsek Teweh Timur Sampaikan Pesan Patuhi Protokol Kesehatan Kepada Warga di Desa Benangin

Adapun motif pembunuhan dikatakan Tommy, pengakuan dari tersangka Hajeryanor dia merasa sakit hati karena sering dituduh melakukan pencurian terhadap harta korban.

“ Pada saat pembunuhan itu kedua tersangka mengambil perhiasan emas milik korban dan saat ini akan kita dalami kemana kedua tersangka ini menjual perhiasan tersebut. Kami menduga kedua tersangka ini melakukan pembunuhan dengan terencana,” beber Kasat.

Adapun pasal yang kita sangkakan kepada kedua tersangka adalah pasal 340 jo 365 jo 338 KUH Pidana, Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun.

Baca Juga :   Warga Desa Kandui Diajak Bhabinkamtibmas Polsek Gunung Timang Untuk Perangi Pungli

Diketahui, Warga kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara dibuat geger atas penemuan mayat di Kebun Karet dalam keadaan tidak wajar, bernama Hj. Kamriyah atau sering disapa Nini Jiran (78), Rabu (9/6/2021) malam.

Berita itu viral di unggahan akun Facebook Ibay Asliibay. Ia menyebutkan ada penemuan mayat dalam keadaan tidak wajar, “Innalilahi Wainnailaihi Rojiunn..telah meninggal dunia adik kandung saya ibu saya yang paling bungsu dalam keadaan tida wajar..

Ditemukan d kebun kret dalam keadaan berdarah..sekarang sudah dtanggani aparat..” demikian isi narasi lengkap yang termuat pada unggahan di Facebook, Sang pemilik akun juga terlihat menautkan tiga buah foto dan satu video dalam unggahannya.

Baca Juga :   Upaya Bhabinkamtibmas Hentikan Penyebaran Covid-19 Di Desa Binaan

Dikonfirmasi melalui WhatsApp pribadinya,Ibay Asliibay mengatakan saat ini pihaknya sedang menuju ke Palangkaraya.

“Berangkat ke Palangkaraya, untuk di otopsi bersama Inapis Polres Barito Utara”, ujarnya.

Warga kelurahan Jingah yang tidak ingin dipublikasikan namanya mengatakan “Bujur,(benar_red) ujar dibunuh, nini Jiran ngaran”, ujarnya.

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma,S.I.K. melalui Kasat Reskrim Polres Barito Utara AKP M. Tommy Palayukan, S.H., S.I.K., M.Si. membenarkan kejadian tersebut.

“Benar ada penemuan mayat di jingah, masih tahap investigasi bang”, ujarnya kepada tewenews Melalui pesan singkat WhatsApp.(Iskandar)