Pemdes Desa Sikui Diduga Serobot Tanah Milik Warga

oleh -82 views

TEWENEWS, Muara Teweh –  Pemerintah Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah, dituding menyerobot tanah milik warga. Merasa keberatan, ahli waris pemilik tanah Jumiati, mendatangi pembangunan kantor Desa Sikui dan melakukan penyegelan pada 6 Oktober 2019 lalu.

” Tanah itu sudah kami miliki jauh sebelum Desa Sikui berdiri, kami tidak perlu pengakukan  BPN atau aparat desa untuk keabsahan kepemilikan. Untuk Pemdes Sikui silahkan memperkarakan kami,” ujar Jumiati kepada wartawan tewenews.com, Kamis (10/10).

Baca Juga :   Memastikan Pelaksanaan Vaksinasi Berjalan Dengan Aman Dan Kondusif Polsek Basarang Lakukan Pengamanan

Ia menegaskan dirinya siap datang sebagai tergugat bila masih memaksa melanjutkan pembangunan tanpa mengindahkan hak kami, karena kami sebagai pihak ahli waris dari orang tua kami Lukman sangat keberatan dengan pembangunan kantor desa tersebut.

Terpisah, Melimianto Aji HWS ketua Rt 01 Desa Sikui mengatakan tanah yang sekarang di bangun oleh Pemdes Sikui adalah benar-benar Hak Milik Lukman orang tua dari Jumiati.

“Pada tahun 1984 akhir saya datang ke Sikui pindah dari Desa Tingen, pernah ikut tinggal di rumah mereka, pada waktu itu saya meliat ada sawah tanaman padi, singkong, pisang, sedangkan untuk batas adalah jalan perusahan yang dulu di tempati Manager PT. Astral Byna bapak Ramli,” ujarnya, Minggu (13/10/2019).

Baca Juga :   Ternyata, Penerima BLT-DD Desa Sikui Bukan Ketua BPD Tapi Istrinya

Selanjutnya kata Melimianto, batas selanjutnya naik ke atas sampai ke tempat saudara Arsat dan berbatas ke saudara Ely yang sekarang ini ada rumah burung walet, sedangkan untuk berapa jumlahnya luasannya saya kurang mengatahui karena tidak ikut melakukan pengukuran.

” Untuk segel surat tanah tersebut mereka ada di buat pada tahun 1984 kalau tidak salah, Pokoknya segel surat mereka paling dahulu dan ada cap dari pambakal dan persambitan ada semua,” tuturnya.

Baca Juga :   Selain melaksanakan tugas pokoknya untuk melaksanakan pengamanan dan pengawalan Bank, personil Sat Sabhara Polres Seruyan juga melakukan giat sambang cek dan kontrol Atm BANK BANK yang ada di kota Kuala Pembuang, Jumat (20/08/2021).

Sampai berita ini di turunkan wartawan tewenews.com coba meminta klarifikasi terkait permasalah tanah tersebut kepada Kepala Desa Sikui Saperani, tapi yang bersangkutan tidak ada di tempat.(Jonda/Tim)