Pemdes Kalang Kaluh di Murung Raya, Bangun Jalan dan DAM Air Bersih

oleh -76 views

TEWENEWS, Puruk Cahu  –  Pemdes Desa Kalang Kaluh Kecamatan Tanah Siang, Bangun DAM Air bersih, jalan dan bundaran di desa, serta memberangkatkan 12 orang untuk mengikuti kursus overator alat berat ke Kalua di Kalimantan Selatan, demi mamajukan nama desa sekalian mengurangi angka pengangguran didesa Kalang Kaluh.

Sebanyak 12 orang yang telah di berangkatkan ke Kalua Kalimantan Selatan termasuk istri kades sendiri yang ikut berangkat melaksanakan pelatihan kursus operator alat berat jenis axapator dan mobil HD, dan bangun jalan desa kalang kaluh cor beton panjan 350 meter lebar 4 meter tinggi 20 centi meter.

Begitu juga dengan DAM air bersih, bundaran Desa Kalangkaluh Kecamatan Tanah Siang. Proggram pemberdayaan masarakatnya seperti penyaluran honor atau insentip guru TK paud, ketua Rt, dan mantir adat desa kalang kaluh.

Liva Efendi Kepala Desa Kalang Kaluh, Kecamatan Tanah Siang, kepada wartawan tewenews.com. mengatakan kami selaku pemerintah desa (PEMDES) hanya satu kata yang bisa kami ucapkan kepada pemerintah pusat maupun daerah yang telah menyalurkan dana Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) ke desa yang saya pimpin ini sangat bermanfaat sekali.

Sehingga Desa Kalang Kaluh sekarang telah banyak sekali kemajuannya. ” Sebagai contoh yang dulu hanya bisa di jalani dengan jalan kaki jalan kami ini, namun sekarang sepeda maupun mobil sudah banyak yang lalu lalang melewati dijalan desa ini, anak anak yang sekolah SMP atau SMA di saripoi kecamatan tanah siang bisa berangkat pagi dan pulang lagi kerumah,” ujarnya.

Bahkan kami pihak pemerintah desa kalang kaluh, bersama badan permusrawatan desa (BPD) selalu kompak dan duduk bersama dalam memusyawarahkan tentang pembangunan desa ini, sehingga apa yang di bangun itu semua atas kesepakan dan musawarah dengan masarakat juga kata Elva Efendi Kades Desa Kalang Kaluh.(Asmansyah)