Pemerintah Adakan Acara Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella

oleh -15 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan mengadakan acara Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR), bertempat di halaman kantor Bupati Barito Utara, Rabu (15/8).

Wakil Bupati Barito Utara, Ompie Herby membacakan sambutan Bupati Barito Utara Nadalsyah. Dia mangatakan bahwa Rubella adalah penyakit yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan, dan di khawatirkan apabila Rubella ini menyerang ibu hamil pada semester pertama.

Baca Juga :   Ada Alokasi Dana Rp5 Miliar untuk Lima Pasar Pedesaan

“Infeksi Rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan Abortus, kematian janin atau sindrom Rubella Congenital (Congenital Rubella Syndrom/CSR) pada bayi yang dilahirkan,” ujar Ompie Herby.

Adapun, lanjut dia, sasaran dari kegiatan imunisasi MR adalah seluruh bayi usia 9 bulan dan anak usia 15 tahun yang berjumlah sekitar 34.955 (Tiga Puluh Empat Ribu Lebih Bayi dan Anak-anak) untuk dikabupaten Barito Utara. Dan mudah-mudahan terlaksana pada bulan Agustus dan September tahun 2018,” ucapnya.

Baca Juga :   Satpol PP Barut Tertibkan Lapak Pedagang Pasar Ipu

Di Kabupaten Barito Utara, Imunisasi MR Pada Bulan Agustus 2018 akan di laksanakan di seluruh sekolah yang terdiri dari sekolah SD/MI/Sederajat, SDLB dan SMP/ MTS/ Sederajat.

Selanjutnya pada bulan September 2018 Imunisasi MR akan dilakukan di Posyandu-posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas pembantu, Puskesmas dan Pos Imunisasi lainnya dengan sasaran bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia 6 tahun.

Baca Juga :   Ini Tanggapan Dinas Kesehatan Terhadap LKPJ DPRD Barut

Semua anak di rentang usia itu wajib mendapatkan Imunisasi, meski sebelumnya sudah mendapatkan Imunisasi. Di samping itu, Imunisasi MR ini tidak memerlukan ijin tertulis/Indivudual Informed Consent.

Acara dilanjutkan dengen pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) kepada anak dan diakhiri dengan foto bersama.(as/tim)