Pemilukada Gubernur-Wagub Kalteng Di-Lounching, KPUD Diminta Mampu Memanejerial Konflik

oleh -3 views

TEWENEWS, Palangka Raya – Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2020 resmi di-lounching. Demi suksesnya pesta demokrasi terbesar masyarakat Bumi Tambun Bungai ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) selaku penyelenggara diminta pandai memanajemen konflik, bukan malah menjadi pemicu konflik.

Pesan penting tersebut disampaikan Komisioner KPU Republik Indonesia Divisi Hukum dan Pengawasan Hasyim Asyari, pada peluncuran tahapan PemiluKada Gubernur-Wagub Kalteng tahun 2020, di Ball Room Bahalap Hotel, Palangka Raya, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga :   Kantor Dinas LH Kalteng Digeledah, Ini yang Disita Kejari Palangka Raya

Dikatakan Hasyim, Pemilihan Umum (Pemilu) di berbagai tingkatan merupakan bagian dari proses berdemokrasi yang telah diatur oleh perundang-undangan. Karena itu, ajang ini menjadi arena konflik yang dianggap sah oleh negara, dan legal dilakukan pihak-pihak yang bersaing.

Baca Juga :   Kepsek SDN 3 Tamiang Harapkan Penambahan Rumah Dinas Guru

“KPU Daerah harus mampu menjadi manajer konflik yang profesional. Jangan malah menjadi pemicu konflik,” ingat Hasyim.

Baca Juga :   Heru Apresiasi Pelaksanaan Sholat Istiqo di Masyarakat

Selain berpesan kepada jajaran penyelenggara Pemilukada, Komisioner KPU Pusat itu juga mengingatkan para tokoh yang berniat maju dalam proses pemilihan untuk mempertimbangkan aspek masa jabatan jika terpilih.