Pemkab Bartim Gelar Sosialisasi Program Pamsimas

oleh -66 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, gelar sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tingkat kabupaten di aula kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada rabu (30/10/2019).

Kegiatan sosialisasi tersebut di buka oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas yang diwakili oleh Asisten II Barnusa, turut hadir jajaran pengurus Pamsimas, perwakilan dari Dinas Kesehatan, PUPR bidang Pengairan, PDAM dan Kepala Desa (Kades) yang menjadi sasaran program Pamsimas tahun 2020.

Baca Juga :   Waspada! Hari Ini Positif COVID - 19 di Bartim Bertambah Sebanyak 16 Orang

Asisten II Barnusa mengatakan “Program Pamsimas III ini sebenarnya sudah berakhir pada tahun 2019, karena ada beberapa desa yang terindikasi stunting di Bartim, sehingga di prioritaskan dari pemerintah pusat, program Pamsimas di gulirkan lagi di Bartim pada tahun 2020”, ucap Barnusa saat diwawancarai wartawan usai pembukaan kegiatan sosialisasi.

Dari daftar pemerintah pusat ada tujuh desa yang mendapatkan program Pamsimas, ketujuh desa tersebut adalah Kupang Baru, Pangkan, Bantai Napu, Gandrung, Bararawa, Lampeong, Naga Leah yang masuk dalam tiga kecamatan dan dua desa antisipasi pengganti Tangkum dan Tuyau untuk menganti desa Lampeong dan Naga Leah.

Baca Juga :   Bertambah Satu Orang Lagi Terpapar COVID - 19 dari Tampa, Kini Kecamatan Paku Jadi Zona Merah

Dengan syarat desa tersebut harus tada sumber airnya, dari tujuh desa ada dua desa yang gugur karen desa Lampeong tidak ada sumber airnya, sementara desa Naga Leah sudah memprogram kan sumur gali dari Dana Desa (DD).

Lima desa sudah dipastikan akan menerima guliran program Pamsimas pada 2020 dan dua desa yang gugur akan diusulkan ke pemerintah pusat di isi dengan dua desa lainnya, sehingga di Bartim tetap akan ada tujuh desa yang mendapatkan program Pamsimas pada tahun 2020, jelas Barnusa.

Baca Juga :   Jaga Kondisi Keamanan, Polsek Bukit Batu Jaga Vaksinasi Covid-19 di Poliklinik Satbrimob Polda Kalteng

“Tadi saya berpesan kepada konsultan agar ditambahkan lagi dua, sehingga di Bartim tetap bisa tujuh desa,”ujarnya.

Agar program ini dapat berjalan dengan maksimal, saya berharap harus ada sinergi antara Stekholder terkait yakni Pamsimas, pemerintah desa sasaran program Pamsimas, PDAM, Dinas Kesehatan, PUPR bidang Pengairan dan Dinas Permukiman, pungkasnya. (Ahmad F)