Pemkab Bartim Kembangkan Jagung Untuk Pakan Ayam

oleh -49 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) dan Polres Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah menggelar tanam jagung bersama di belakang Mako dan Perumahan Polres setempat, Rabu (05/02/2020).

Penanaman jagung tersebut menggunakan bibit jagung pangan ternak Hibidra sebanyak 30 kilo gram merek Asia 92 dengan luas tanam mencapai 2 hektar pada diametri jarak tanam bekisar 60 cm dari tiap pokok tanaman dengan hasil kurang lebih 9 -10 ton per hektar.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Kelurahan Pahandut Kembali Laksanakan Sambang dan Patroli Kamtibmas Ke Warga di Jalan Jawa

Bupati Bartim Ampera A Y Mebas mengatakan “Tanam jagung di Bartim ini nantinya akan menopang sebagai bahan pengolah pakan untuk ayam petelur yang sudah kita programkan ditahun 2020 ini,” ucap Ampera.

Kita juga melakukan penanaman jagung dibeberapa desa, selanjutnya juga akan dibangun pabrik pengolahan pakan ayam melalui Badan Usaha Milik (BUM) Desa untuk wilayah kecamatan Patangkep Tutui, seperti yang di Kalamus kecamatan Paku.

Baca Juga :   Polres Bartim Sembelih Enam Sapi dan Enam Kambing Kurban

Sehingga perputaran uang tetap di Bartim, dari jagung dibuat pakan, selanjutnya jagung diolah menjadi pakan sebagai makan ayam petelur yang akan menghasilkan telur.

Ampera berharap dengan dilakukannya tanam jagung di Polres Bartim akan menjadi contoh bagi masyarakat untuk pengembangan jagung pakan ini.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Bupati Bartim, Ampera A Y Mebas, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Dirpamobvit Polda Kalteng Kombespol I Nyoman Suastra yang kebetulan berada di Bartim, Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK, MH beserta jajaran, Ketua DRPD, Perwira Penghubung Kodim 1012 Buntok, Kepala Kejaksaan Negeri atau yang mewakili, Kepala Pengadilan Negeri Tamiang Layang, Kepala Lapas Bartim, Kepala Dinas Pertanian, Para Penyuluh Pertanian dan para tamu undangan. (Ahmad Fahrizali)