Pemkab Barut Akan Lengkapi Tenaga Medis Kesehatan

oleh -17 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Guna mendukung suksesnya pelayanan kesehatan di Kabupaten Barito Utara (Barut), khususnya yang berada di wilayah pedesaan. Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan rencananya akan melengkapi tenaga medis yang ada di wilayah ini. Dimana rencana  tersebut sesuai denga visi-misi Bupati Batara H Nadalsyah yakni peningkatan kwalitas pelayanan kesehatan.

Untuk mewujudkan itu, setiap pustu harus memiliki tenaga medis minimal  satu  perawat dan satu bidan. Jadi rencana kedepan nantinya apabila  ada pustu yang hanya memiliki satu perawat, maka akan ditempatkan lagi seorang tenaga bidan, demikian pula sebaliknya.

Baca Juga :   Pasar Mingguan Target Polsek Mantangai Laksanakan Operasi Yustisi

Plt Kepala Dinas kesehatan Siswandoyo menyampaikan, bahwa memang untuk tenaga kesehatan saat ini di beberpa  pustu-pustu dan puskesmas yang ada di beberapa desa memang masih ada yang belum lengkap tenaga perawat dan bidannya.

“Jadi dalam melengkapi kekurangan tenaga medis ini, rencananya kita akan  melakukan perekrutan pegawai tenaga kontrak (Non PNS), yang pendanaanya nantinya bersumber dari APBD. Hal ini masih dalam usulan, rencana kita kedepan setiap pustu yang ada di daerah ini minimal memiliki tenaga satu bidan dan satu perawat” ujar Siswandoyo, saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (17/7).

Baca Juga :   Polsek Sebangau Kuala Bergerak Sosialisasikan Prokes kepada Masyarakat Sebangau Permai

Selain itu, lanjut dia, pihaknya  juga akan  berupaya dari nusantara Sehat untuk menambah jumlah tenaga medis yang ada, dimana sekarang sudah ada dua tim yang dibagi yakni satu berada di puskesmas  Desa Lampeong dan satu lagi di puskesmas Desa  Benangin.

Baca Juga :   Usai Sholat Jum’at Kapolres Bartim Bagikan Bansos Kepada Jemaah

“Dari tim Nusantara sehat ini kita telah mendapatkan tambahan tenaga kesehatan sebanyak tiga belas orang yang di bagi ke dua tim tersebut, untuk tambahan dari tenaga kesehatan yang ada,”ucapnya.

Ditambahkanya, selain itu adalagi tambahan  tenaga kesehatan yang  baru datang sebanyak  tiga orang yakni dokter gigi satu orang, tenaga farmasi satu  orang dan untuk bidan satu orang. “Ketiga tenaga kesehatan ini  dialokasikan di  puskesmas desa Lemo dan puskesmas Sei Rahayu KM 52,” tutupnya.(As/tim)