Pemkab Barut Klaim Pertumbuhan Ekonomi Capai 6,01 Persen

oleh -32 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Kunjungan kerja anggota Komisi VII DPR RI, Ir.Willy M Yoseph, MM ke Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalteng, tiga hari Sejak, Jumat (21/2), dimanfaatkan memaparkan keberhasilan pertumbuhan ekonomi setempat.

Bahkan Wakil Bupati Barut, Drs.Sugianto Panala Putra, secara tegas mengakui dihadapan anggota DPR RI Dapil Kalteng, bahwa pertumbuhan ekonomi Barut periode 2019, berhasil bergerak positif di angka 6,01 persen.

“Kami sampaikan pesan Bupati Barut H.Nadalsyah, bahwa perekonomian daerah ini pada 2019 tumbuh positif di angka 6,01 persen. Pencapaian ini meningkat cepat dibanding tahun sebelumnya,” kata Wabup Barut, penuh keyakinan.

Ditegaskan, penaikan itu murni disebabkan meningkatnya produksi di seluruh lapangan usaha, tidak dipengaruhi inflasi. Khususnya lima tahun terakhir struktur perekonomian Barut didominasi lima kategori lapangan usaha.

Di antaranya, bidang pertambangan dan penggalian, pertanian, kehutanan, dan perikanan, industri pengolahan, perdagangan besar dam eceran, reparasi mobil dan sepeda motor. Serta transportasi dan pergudangan.

Selain itu, percepatan pembangunan, berdasarkan data pengembangan sektor pertambangan Kalteng, didukung pula kehadiran 61 perusahaan pemegang IUP.

“Pertumbuhan ekonomi dan sektor strategis di Barut wajib kita genjot, agar tahun berikutnya perekonomian masyarakat Barut maju pesat.Khususnya pemberdayaan sektor pertambangan,” tutup Sugianto.

Agenda Kunker Anggota DPR RI, Ir.Willy M Yoseph, MM ke Barut, sejak, Jumat (21/2), direncanakan selama tiga hari. Selain dengan pejabat Pemkab Barut dan anggota DPRD Barut, akan ada pertemuan dengan tokoh masyarakat.

Pertemuan dengan Pejabat Pemkab Barut juga Ketua DPRD Barut Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua I Permana Setiawan dan Wakil Ketua II Sastra Jaya, Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya.

“Percepatan pembangunan infrastruktur pendidikan dan ekonomi di Barito Utara sangat penting untuk dinikmati seluruh lapisan masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” tegas Willy M Yoseph. (Tim)