Penambangan Tanpa Izin di Katingan, Polisi Amankan Alat Berat dan Pelaku

oleh -141 views

TEWENEWS, Katingan – Hasil operasi Peti yang digelar Polres Katingan  pada  Minggu (20/5/2018), berhasil mengamankan satu unit alat berat jenis eskavator  dari lokasi di Desa Tumbang Bajang, Kecamatan Pulau Malan, Kabupaten  Katingan.

Selain alat berat, juga diamankan dua orang pria yang merupakan pemodal dan operator alat berat dimana keduanya adalah, Sembung (47) warga jalan Tjilik Riwut Km 14,5 Desa Hampitan (pemodal,red),  serta Mangasi Harianto Hutagaol  (38) warga Desa Km 31, Desa Karya Unggang Kecamatan Tawas Garing.

Baca Juga :   Suami Kalap Aniaya Istrinya "Akibat" Status FB

” Selain kedua pelaku, juga diamankan satu unit mesin diesel merk Matik, satu unit pompa air, satu batang paralon, satu gulung selang gabang, satu gulung selang tembak, satu gulung selang spiral, satu cangkul dan tiga lembar karpet,” kata Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting.

Baca Juga :   Jamret di Pasar Ipu Diamankan "Nyaris" di Amuk Warga

Dipaparkan Kapolres, pada hari Minggu, sekitar jam 14.00WIB di lokasi km 24 sungai rait Desa Tumbang Banjang Kecamatan Pulau Malan  telah terjadi tindak pidana kejahatan di bidang minerba, saat anggota polres Katingan sedang melaksanakan operasi Peti.

“Pada operasi itu menemukan adanya kegiatan penambangan kemudian anggota  menanyakan tentang Perizinan Kegiatan Pertambangan tersebut, para terlapor tidak dapat menunjukkan izin dari pihak yang berwenang, selanjutnya para Terlapor dan Barang bukti di bawa ke Polres Katingan untuk proses Penyidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Baca Juga :   Nekat Jual Pil Trex di Jalanan, Dua Pemuda Ditangkap Polisi

Selanjutnya, Polres Katingan akan melakukan koordinasi dengan Ahli Dari Dinas Pertambangan dan Energi Provensi  Kalteng dan kepada kedua tersangka kita sangkakan dengan pasal 158 UU RI Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Minerba.(bambang/tim)