Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pemilu, Harus Banyak Cara

oleh -17 views

TEWENEWS, Malaka – Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten (Bawaslu) Malaka melaksanakan Rapat Kerja Teknis Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pemilu Tahun 2019, Sabtu (22/12/2018)

Rapat kerja teknis tersebut berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 21 hingga berakhir pada tanggal 23 Desember 2018 di Aula hotel Cinta Damai Betun.

Hadir dalam kegiatan tersebut
diantaran Komisioner Panwascam se Kabupaten Malaka bersama staf, serta narasumber yang merupakan Anggota Bawaslu Provinsi NTT, Noldi Tadu Hungu.S.pt, koodinasi divisi sengketa pelanggaran pemilu.

Tujuan kegiatan ini diantaranya untuk memastikan terselenggeranya Pemilu berdasarkan asas Luber dan Jurdil via koordinasi secara bertingkat dalam jajaran Pengawas Pemilu, memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap penanganan pelanggaran pemilu, serta meningkatkan kapasitas lengawas pemilu dalam pengawasan dan penindakan pelanggaran pemilu.

Beberapa narasumber dalam kegiatan ini diantaranya Komisioner Bawaslu Provinsi NTT dan Bawaslu Kabupaten Malaka, Serta Insan Pers.

Salah satu Narasumber yaitu Cyriakus Kiik, SH, dalam pemaparan materinya tentang Peranan Media dalam pengawasan pemilu 2019 adalah memberikan informasi kepada pengawas pemilu dalam pencegahan dini pelanggaran pemilu dan memberitakan informasi tentang pelaksanaan pengawasan pemilu.

Sementara itu anggota Bawaslu Provinsi NTT, Noldi Tadu Hungu, S.Pt menyampaikan materi tentang pengawasan partisipatif pemilu dan Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka menyampaikan materi tentang
pelanggaran Pemilu 2019.(Beres)