Hubungi Kami

BARITO TIMUR

Pengembangan Komoditi Hortikultura Sesuai Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Barito Timur

Published

on

TEWENEWS,Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalteng, melalui Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Minggu, (10/2/2019) memulai tanam perdana cabe dalam upaya perluasan dan pengembangan komoditi Hortikultura sesuai visi dan misi pemerintah Kabupaten Barito timur 2018 – 2023 .

Kegiatan tanam perdana cabe itu dilakukan bersama sama oleh Kepala Dinas Pertanian Ir.Riza Rahmadi, MM , Penyuluh Pertanian Lapangan BPP PAJU EPAT, serta kelompok tani harapan sejahtera desa trans siong di Kecamatan Paju Epat.

Penanaman perdana komoditas Cabe itu dilakukan di area pertanian seluas 0.5 ha yang akan diakukan oleh Kelompok Tani harapan sejahtera.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito timur Kalteng Ir. Riza Rahmadi, MM mengatakan, komoditas hortikultura tahun 2019 ini yang dikembangkan adalah jenis aneka Cabe .

“Komoditas cabe yang ditanam hari ini dapat dipanen sekitar dua bulan lebih sampai tiga bulan ke depan. Jadi ada satu jenis tanaman monokultur yang ditanam, yakni Cabe ,” Kata Ir.Riza Rahmadi, MM .

Menurut kepala dinas pertanian, komoditas tersebut akan menghasilkan panen yang baik, jika komunikasi atau kerjasama yang baik antara kelompok tani dengan PPL yang ada di desa trans siong dapat terjalin baik, maka hasil panen bisa memuaskan.

“Sepanjang para petani ada kerjasama yang baik dengan para PPL yang ada di trans siong untuk membantu dalam hal pemeliharaan tanaman cabe ini, maka hasilnya bisa baik pula,” jelasnya.

Beliau menekankan pentingnya para petani rajin melakukan penyemprotan minimal 2 kali dalam seminggu, termasuk memberi pupuk baik organik maupun kimia .

Baca Juga :   Saling Bersinergi, Pimpinanan TNI Polri di Ponorogo Fun Bike Bersama

“Petani juga harus rajin melakukan penyemprotan minimal dua kali dalam seminggu, dan melakukan pemupukan juga sekali dalam seminggu. Ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar kepala dinas pertanian kabupaten Barito Timur.

Di sela tanam cabe itu, ketua Kelompok Tani, menyampaikan puji syukurnya kepada Allah, sebab rezeki dari hasil tanam cabe tahun lalu sangat menggembirakan.

”Syukur Alhamdulillah hasil panen cabe tahun lalu sangat menggembirakan.
Semoga apa yang kita tanam hari ini dapat berbuah lebat seperti tahun kemarin. Insya Allah akan lebih banyak lagi hasilnya,” harap ketua kelompok tani.

Sementara itu, ditempat yang sama dalam sambutan kepala dinas pertanian mengatakan, berbagai inovasi yang dikembangkan oleh para petani dewasa ini tentu tak lepas dari peran aktif dari Dinas Pertanian.

“Saya sangat mengapresiasi apa yangg telah dilakukan oleh petani cabe yang ada di Kab. Barito Timur KALTENG, khususnya petani cabe yang ada di trans siong, karena mampu mengubah lahan tidur menjadi lahan yang produktif,” kata Ir.Riza Rahmadi, MM

Menurutnya, dengan hasil yang cukup memuaskan setiap kali panen, tentu ini sangat membantu sumber pendapatan masyarakat.

Dia mengingatkan kepada semua hadirin, bahwa kebutuhan akan cabe di masyarakat cenderung juga naik. Sehingga dia berharap tauhn ini Cabe di Bartim dapat hasil yang memuaskan.(DPB/TWN5)

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian