Pengoprasian PJU di kecamatan Lahei Belum Maksimal, Daya dari PLN Kurang

oleh -66 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Kota tidak sekadar mengurusi kebersihan saja, tetapi juga memiliki tugas memberikan penerangan di berbagai jalan umum atau PJU.

Melihat luasnya wilayah dan jalan di Kabupaten Barito Utara, yaitu sekitar 8,3 kilometer (km) dan kepadatan penduduk mencapai 19,21 jiwa per kilo meter, PJU tentunya menjadi hal yang juga penting dalam kenyamanan, keamanan dan keindahan (estetika) penerangan di jalan.

Kabid Tata Kota Dinas PUPR Barito Utara Simamoraturahman, mengatakan pemasangan lampu PJU ini akan dilakukan di lingkungan masyarakat dan jalan raya agar warga bisa beraktivitas dengan nyaman di malam hari.

“ Minggu lalu kami lakukan pemasangan baru PJU di Kecamatan Lahei. tetapi kami masih kekurangan daya, jadi tidak bisa maksimal, sekarang daya yang tersedia untuk wilayah Lahei II hanya 1300 VA maksimalnya daya yang di perlukan 3500 VA,” kata Mora di Muara Teweh Senin (15/7/2019).

Menurutnya, rencana pemasangan intalansi baru PJU, mengakomodir aspirasi warga. Setiap tahun, lanjut Mora pemasangan intalansi PJU terus dilakukan.

” Tetapi kendala untuk pemasangan PJU terkadang ada perlintasan SR dan TM masih banyak pepohonan yang menganggu sehingga sulit untuk memasang PJU,” ujarnya.

Selain akan melakukan pemasangan baru PJU, pihaknya juga terus melakukan pemeliharaan dan perawatan PJU yang sudah ada secara rutin. Dirinya setiap malam terus melakukan penyisiran karena dihawatirkan ada PJU yang padam. “Setiap malam secara rutin kami melakukan pemantauan barangkali ada PJU yang padam, apalagi di titik titik yang sepi,” cetus dia.

Saat akan di konfirmasi ke pihak PT.PLN masalah kekurangan daya yang di suplay oleh PLN untuk PJU di wilayah Kecamatan Lahei, semua pihak yang berkompeten tidak berada di tempat. (Tim)