Penyebar Hoax di Medsos, Siap-siap Langsung Ditangkap Polisi Ini Buktinya ?

oleh -35 views

TEWENEWS, Kapuas – Ini peringatan keras bagi warganet atau nitizen, jangan memosting di media sosial sesuatu yang bersifat SARA, Hoax atau pornografi kalau tidak mau berurusan dengan aparat kepolisian.

Seperti yang dilakukan MZ (30) warga Handil Saletak, Desa Pulau Mambulau, Kec. Bataguh Kab. Kapuas diduga memosting berita Hoax dan berbau SARA di akun media sosial facebook miliknya. Tak aysl lagi, MZ langsung digelandang ke Mapolres Kapuas untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Jum’at (22/06/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga :   Giat Sosialisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19 oleh Polsek Selat

Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar, melalui Kabagops Kompol Januar Kencana, mengatakan terduga pelaku yang mengunggah postingan Hoax bersifat SARA ditangkap di tempat kerjanya di bengkel las Jalan Trans Kalimantan Desa Anjir Mambulau Barat Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas.

“Pelaku mengunggah postingan berita Hoax bersifat SARA di media sosial facebook dengan menggunakan akun Muhammad Yud (Kangen band). Dalam postingan tersebut terdapat gambar atau foto seorang korban meninggal dunia dalam keadaan luka pada leher,” terang Kompol Januar.

Baca Juga :   Ini Ciri-ciri Pengguna Narkoba yang Perlu Diwaspadai Para Orang Tua

Ia menambahkan, terduga pelaku memberikan keterangan pada postingan tersebut “Inalillah Wainalilah Rojiun…perkelahian antar banjar lawan madura di Kalteng Kuala Kapuas…yu kita do’akan semoga diterima disisi Allah”. Padahal kejadian tersebut tidak pernah terjadi di Kapuas.

Lebih lanjut dijelaskan Januar, saat ini terduga pelaku MZ sedang menjalani proses pemeriksaan di ruang Satreskrim Polres Kapuas untuk dimintai keterangan lebih lanjut terkait motivasi/tujuan menggunggah postingan dimaksud.

Baca Juga :   Anggota Satpolairud Polres Kapuas Berikan Imbauan Keselamatan Berlayar Kepada Penumpang KF Mulya Sari

“Kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, kami mengimbau agar tidak mudah mempercayai postingan/unggahan yang bersifat Hoax dan SARA. Apabila ragu atau belum jelas bisa ditanyakan kepada pihak Kepolisian. Mari kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Kapuas agar tetap sesuai dengan mottonya yaitu Aman, Indah, Ramah,” imbau perwira lulusan Akpol 2005 ini. (Bambang/Tim)