Penyekatan Perbatasan Kalsel – Kalteng di Pasar Panas Mulai Dilaksanakan

oleh -75 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Penyekatan dan pengetatan perjalanan perbatasan dari Kalimantan Selatan masuk wilayah Kalimantan Tengah melalui perbatasan Pasar Panas Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur (Bartim) , dimulai hari ini, Senin 5 Juli 2021.

Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra SH, SIK, M. Pict menyampaikan “Penyekatan dilakukan sebagai tidak lanjut atas surat edaran Gubernur Kalimantan Tengah tentang ketentuan khusus perjalanan”, ucap Kapolres saat diwawancara

Baca Juga :   Babinsa Kelurahan Tipes Sambut Kunjungan Kerja dari Pemkab Deli Serdang Provinsi Sumut

Orang masuk wilayah Kalteng dalam masa pandemi Covid-19 serta surat edaran tentang peningkatan upaya penanganan Virus Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kalteng.

“Jadi mulai hari ini sampai dua minggu kedepan kita melakukan penyekatan di perbatasan Pasar Panas,” ungkap Kapolres

Dilanjutkannya, seluruh masyarakat yang melintas di Pos Penyekatan Pasar Panas terutama yang masuk ke wilayah Kalimantan Tengah akan dimintai hasil rapid test Covid-19.

Baca Juga :   Peringati Hari Lahir Pancasila, Polda Kalteng Gelar Webinar Implementasi Kelahiran Pancasila Untuk Bersama Dalam Penanganan Covid-19

“Bisa hasil tes PCR yang berlaku 3 x 24 jam atau rapid test antigen yang berlaku 1 x 24 jam,” ujarnya.

“Apabila pelintas tidak membawa hasil rapid test maka akan di suruh putar balik atau melakukan rapid test antigen di pos penyekatan”, tegas Kapolres.

Dalam dua minggu kedepan, jika kondisi penyebaran covid-19 di Kalimantan Tengah masih tinggi atau mengkhwatirkan maka penyekatan dapat diperpanjang.

Baca Juga :   Polres Bartim Sembelih Enam Sapi dan Enam Kambing Kurban

“Meski pos penyekatan hanya ada di perbatasan Pasar Panas, lanjut dia, namun di perbatasan Bentot, Polsek Patangkep Tutui akan melakukan kegiatan perimbangan berupa razia kendaraan untuk memeriksa hasil rapid test pelintas”, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali).