Penyelenggara Upacara Peringatan HUT RI, Kodim 0703/Cilacap Gelar Gladi Bersih

TEWENEWS, Cilacap – Bertugas sebagai penyelenggara Upacara Peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019, Kodim 0703/Cilacap gelar Gladi Bersih Upacara Penaikan Bendera Merah Putih dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI serta Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Alun-alun Kabupaten Cilacap, Kamis (15/8).

Gladi upacara ini dipimpin Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian. Bertindak selaku Komandan Upacara Penaikan Bendera dan Detik-detik Proklamas, Danramil 09/Kawunganten Kapten Cpm Teguh Budiono dan cadangan Danramil 11/Sidareja Kapten Inf Saidin sedangkan Perwira Upacara dijabat oleh Pasipers Kapten Cpm Agus Santoso. Pasukan pengibar bendera (Paskibra) dipimpin oleh Dan Kal Serayu Lanal Cilacap Lettu Laut (P) Robertus Rio Indra.

Peserta upacara Penaikan Bendera terdiri dari 1Kompi Bersenjata dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap dan Polres Cilacap, 7 Kompi tanpa senjata dari Satpol PP Cilacap, Basarnas Cilacap dan Security RU IV Pertamina, Setda, Disperkimta, Bapelitbangda, Set DPRD Cilacap, Dinkes Cilacap, Disporapar, PGRI, Unugha Cilacap, Politeknik Cilacap, Stikes Al Irsyad, SMA dan Pramuka.

Untuk upacara penurunan bendera, bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Laut (S) Nicodemus Pradipta Putra dari Lanal Cilacap dan peserta upacara terdiri dari 1 Kompi bersenjata gabungan dari Kodim, Lanal dan Polres Cilacap, 7 Kompi tanpa senjata dari Satpol PP, Linmas, Security PT SBIdan PT S2P, DPUPR, KB, PP & PA Kabupaten Cilacap, DLH, BKPPD, Dinas Pertanian, BPBD, PGRI, Mahasiswa dari AMN Cilacap, STIE Muhammadiyah, AKBID Graha Mandiri dan AKPER Seruling Mas Cilacap serta Pelajar SMP dan SMA.

Baca Juga :   Bati Tuud : Koramil Kesugihan Siap Sukseskan Peringatan HUT RI di Tingkat Kecamatan

Dalam gladi ini, petugas upacara yang disiapkan sudah memahami posisi dan apa yang harus mereka lakukan saat upacara nanti. Begitu juga dengan peserta upacara, mereka dengan khidmat mengikuti prosesi gladi bersih upacara peringatan HUT RI ini sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar dan sukses.

Selaku Koordinator Gladi Bersih, Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian mengatakan bahwa gladi bersih ini bertujuan untuk mengecek kembali kesiapan sarana dan prasarana serta kesiapan personil agar kegiatan Upacara peringatan HUT RI yang ke 74 nanti dapat berjalan dengan baik.

“Wajib kita laksanakan gladi bersih ini, yang tujuannya supaya kita tahu kekurangan dan segala sesuatunya yang belum siap sehingga bisa kita antisipasi dan perbaiki dari sekarang,” ujar Kasdim.

Melihat gladi bersih ini, Kasdim mengatakan bahwa semua persiapan sudah berjalan sangat baik dan tanpa ada kendala. Mulai dari kesiapan petugas, tempat, semuanya sudah sangat siap. Ia berharap kelancaran gladi ini, terjadi saat hari H pelaksanaan upacara HUT ke-74 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

“Yang terpenting semua yang terlibat pada upacara nanti dapat menjalankan tugasnya masing-masing, sehingga upacara perayaan HUT RI nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar,” Pungkasnya. (Totong/Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: