Perang Air Tradisi Betawakan Meriahkan Lebaran di Sungai Jelai Sukamara Polres Sukamara jajaran Polda Kalteng Lakukan Pengamanan

oleh -3 views

TEWENEWS, Sukamara – Kegiatan tradisi Betawakan atau perang air menggunakan perahu dan speed boat di Daerah Aliran Sungai Jelai Kabupaten Sukamara,Kalimantan Tengah, berlangsung meriah pada hari kedua Lebaran 1444 H / 2023 M.

Acara yang berlangsung mulai hari pertama hingga hari ketiga Lebaran ini mempertemukan anak-anak, remaja, dan orang dewasa dari masyarakat Kabupaten Sukamara Provinsi Kalteng serta masyarakat Desa Sukaramai Kec. Manis Mata Provinsi Kalbar. Minggu (23/04/2023) Sore.

Tradisi Betawakan tersebut diselenggarakan dengan saling lempar kantung air yang berisi kesumba (air berwarna) dari atas perahu dan speed boat maupun tepian sungai.

Kegiatan yang disaksikan oleh kurang lebih 200 orang ini bertujuan sebagai sarana hiburan dan menyambung tali silahturahmi antarwarga, serta ungkapan rasa syukur saat memperingati hari besar umat Islam yang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Kegiatan ini berlangsung di pelabuhan Tangsi Sukamara dan berakhir pada pukul 17.35 WIB. Selama kegiatan berlangsung, personel Polres Sukamara dan Personil Sat Polairud Polres Sukamara juga turut melakukan pengamanan untuk memastikan kegiatan berjalan dengan lancar dan aman. (Mnaz)