Peringati Hari Kartini, SMAN 1 Dusteng Gelar Berbagai Lomba

oleh -18 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Ratusan siswa dan para guru SMAN 1 Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur menggelar apel upacara dihalaman sekolah setempat, Senin (22/4/2019).

Apel Upacara tersebut adalah untuk memperingati hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April.

Dari pantauan wartawan ketika meliput kegiatan tersebut, Siswa perempuan nampak terlihat cantik saat mengenakan kebaya. Sedangkan Siswa laki – laki terlihat rapi saat mengenakan baju batik dan laung.

Baca Juga :   Polsek Patangkep Tutui Sosialisasikan Wilayah Bebas Korupsi

Peringatan hari kartini juga diwarnai kegiatan fashion show, lomba menyanyi lagu nasional kartini yang diikuti anak didik dan gurunya. Namun sebelum acara, dilaksanakan apel upacara hari Kartini.

Adapun apel tersebut, seluruh petugas apel dilakukan oleh para wanita. Dari membaca acara, komandan upacara, pembawa bendera, doa, dan inspektur upacara (Irup). Sedangkan siswa laki – laki hanya sebagai peserta upacara. Dalam upacara tersebut, guru dan murid ikut menyanyikan lagu Kartini.

Baca Juga :   Bupati Bartim Ampera AY Mebas : Tahun 2019 Tidak Ada Silpa

Kepala Sekolah SMAN 1 Dusun Tengah Hariono S.Pd mengatakan, apel upacara untuk memperingati hari Kartini memang setiap tahun selalu dilakukan.

“Hari ini semua anak didik yang perempuan memakai pakaian kebaya, ada juga pakai adat istiadat. Dan Siswa Laki – laki memakai pakaian batik dan laung. Ini bertujuan untuk kita generasi yang ada agar selalu ingat dan mengenang begitu besarnya jasa pahlawan Kartini terhadap wanita Indonesia,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan, kegiatan acara pashion show dan lomba menyanyi lagu Nasional Kartini bertujuan untuk pendidikan karakter anak.

Baca Juga :   Pencuri Tewas di Tangan Penjaga Sarang Burung Walet di Banten

“Terutama untuk lebih mencintai dan menanamkan jiwa kepahlawanan, sehinga ke depan anak didik kita mengerti dan mengamalkan nilai kepahlawannya untuk membangun bangsa dan negaranya,” tutupnya.(TWN5)