Peringati Hari Pramuka ke-58, SDN Jelambar 08 Jakarta Barat Gelar Upacara

TEWENEWS, Jakarta Barat – Sekolah Dasar Negeri Jelambar 08 Jakarta Barat melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan hari Pramuka yang ke-58 bertempat di Lapangan SDN Jelambar 08, Jalan Hadiah No.11-13, RT.7/RW.3, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Rabu Pagi (14/08/2019).

Dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 tersebut, Kepala Sekolah SDN Jelambar 08 Ibu Dormauli Aisyah L.R, S.Pd, MM bertindak sebagai Pembina Upacara. Para Guru, Staf serta siswa-siswi SDN Jelambar 08 tampak mengikuti upacara dengan khidmat dan tertib.

Kepala Sekolah SDN Jelambar 08 dalam amanatnya mengungkapkan, “Saya selaku Kepala Sekolah SDN Jelambar 08 beserta segenap Guru, Staf dan Siswa-siswi mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke-58, semoga jiwa gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” tegas Kepsek SDN Jelambar 08 Dormauli Aisyah L.R, S.Pd, MM yang memiki beragam prestasi gemilang.

“Tema hari Pramuka tahun 2019 ini adalah ‘Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI,” jelas Ibu dua anak ini yang sukses menhantarkan SDN Jelambar 08 meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional tahum 2018.

Lebih lanjut ia menuturkan, “Tepuk Pramuka…Tepuk Pramuka…..Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya. Jadi sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan,” urai Kepsek SDN Jelambar 08 yang sukses mempelopori sekolah ramah lingkungan dan sekolah yang memiliki bank sampah.

Baca Juga :   Peringati Hari Pramuka ke-58, Kwarran bersama Tiga Pilar Matraman Gelar Kirab Pramuka Saka Wira Kartika

“ Terakhir saya ingin berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di sini. Teruslah berkreasi berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung dan bukan generasi pecundang. Ingatlah selalu hymne Pramuka bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan jadilah patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama.Salam Pramuka!”, tutup Kepsek SDN Jelambar 08 Dormauli Aisyah L.R, S.Pd, MM dengan nada lantang.

Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata “Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Dalam sejarahnya, pada tanggal 14 Agustus 1961 di Istana Negara Jakarta dilangsungkan pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari serta penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka. Selain itu dilangsungkan pula defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada khalayak. Sejak itu, tanggal 14 Agustus kemudian dikenal sebagai HARI PRAMUKA. (M.Solichin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: