Permasalahan Lahan PT Victor Dua Tiga Mega dengan Warga, Bupati Turun Tangan

oleh -276 views
Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah. FOTO: (Dokumen Humas Barut).

TEWENEWS,Muara Teweh – Permasalahan Lahan warga di Kecamatan Lahei Barat dengan PT. Victor Dua Tiga Mega yang beroperasi di Desa Luwe, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara Mega. Akhirnya, Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah turun tangan memimpin rapat mediasi.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah menyampaikan bahwa tujuan mediasi agar menghasilkan keputusan terbaik.

“Tidak merugikan masyarakat dan perusahaan, sehingga iklim berinvestasi di Barito Utara baik,”ujar H. Nadalsyah sering disapa Koyem, Kamis, (16/9).

Bupati melihat bahwa tidak ada pemilik lahan, sehingga mewakili masyarakat dalam bernegosiasi dengan perusahaan.

Baca Juga :   Di Barito Utara Program Stunting Belum Terintegrasi Sampai Ke Desa

“Ijinkan saya mewakili masyarakat dalam bernegosiasi harga dengan perusahaan, meskipun ini bukan keputusan,” harap H. Nadalsyah.

Bupati menyarankan kepada Kepala Desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desanya.

“Jangan sampai permasalahan ini menjadi permasalahan hukum,” kata H. Nadalsyah.

“Bahwa pemerintah menjaga iklim berinvestasi dengan baik dan menjaga hak masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tegas H. Nadalsyah.

Dalam rapat mediasi, manajemen PT. Victor Dua Tiga Mega menyampaikan bahwa permasalahan yang ada terkait kompensasi harga lahan di areal IUP dan IPPKH perusahaannya.

Baca Juga :   Webinar Literasi Digital : Tips dan Trick Bertransaksi secara Digital dengan Mudah dan Aman

Kades Luwe Hulu dan Jangkang Baru menyampaikan permintaan maaf bahwasanya pemilik lahan dari desanya tidak dapat berhadir langsung, nantinya keputusan rapat mediasi ini akan disampaikan kepada pemilik lahan.

Kapolres Barut menyampaikan bahwa ada peraturan yang berlaku terkait permasalahan yang sedang dihadapi.

Dandim 1013/Mtw menyarankan kepada perusahaan untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga :   Musim Kemarau Polsek Mendawai Sosialisasi Karhutla

Perwakilan Kajari menyampaikan bila tidak ada kesepakatan bisa dilakukan penilaian harga oleh Tim Independen atau keputusan dari Pemda.

Mediasi dihadiri juga oleh Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra, Kapolres Barut, Dandim 1103/Mtw, dan perwakilan Kajari yang dilaksanakan di Ruang Rapat Setda Lantai 1, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Manajemen PT. Victor Dua Tiga Mega, Camat Lahei Barat, Danramil Lahei, Kapolsek Lahei, Perwakilan BPN, Damang Lahei Barat, Kades Luwe Hulu, Kades Jangkang Baru dan undangan lainnya.

(Prokopim2021/M.Iskandar)