Pertama Kali, Polres Barut Rayakan HUT Bhayangkara di Kecamatan Lahei

oleh -251 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Puncak perayaan hari ulang tahun atau HUT Bhayangkara yang ke-73 di Kabupaten Barito Utara, kalimantan Tengah berbeda dari tahun sebelumnya. Perayaan HUT korps seragam warna coklat tahun ini digelar di luar ibu kota Kabupaten yakni di Lahei, Kecamatan Lahei.

Dipilihnya Kecamatan Lehei sebagai lokasi perayaan puncak perayaan HUT Bhayangkara yang digelar hari Rabu, 10 Juli 2019, sebagai upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

” Apel puncak HUT Bhayangkara kemaren kita laksanakan di Kecamatan Lahei,” kata KabagOps Polres Barut AKP Andreas Alex Danantara, S.I.K mewakili Kapolres AKBP Dostan Matheus Siregar, di ruang kerjanya, Kamis 11/7/2019).

Menurut Andreas, untuk tahun ini peringatan HUT Bhayangkara memang telah dijadwalnya di wilayah hukum Polsek Lahei. Terlebih Lahei juga sebagai wilayah yang mempunyai destinasi wisata rumah betang di Desa Nihan Hilir.

“Memang ada yang beda tahun ini karena lokasinya memang di Kecamatan Lahei. Jadi kalau di Ibu Kota Kabupaten sudah terbiasa,” pungkasnya.

Seperti di ketahui pada apel HUT Bhayangkara yang ke-73 kemaren, Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar membacakan Amanat Presiden RI. Kapolres menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-73, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, juga ucapan terima kasih serta memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah.

Selanjutnya AKBP Dostan Matheus Siregar mengungkapkan dalam amanat Presiden RI Jiko Widodo, itu bahwa kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Kapolres melanjutkan, Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan dengan Natal 2018 Tahun Baru 2019 sampai Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

“Kita juga merasakan situasi kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia.  Selain itu, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air” ungkapnya.

Kapolres juga sampaikan bahwa Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme perdagangan narkotika, perdagangan orang dan kejahatan siber, lalu kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi.

Termasuk dalam menindak kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 23 triliun.  Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi.  Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

“Saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus memberikan pelayanan meningkatkan kinerja dan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks” uncapnya.

Dalam amanat itu, AKBP Dostan Matheus Siregar juga menyampaikan lima instruksi dari Presiden RI, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri diantaranya:

* Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

* Kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

* Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

* Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

* Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Kegiatan apel ini dihadiri oleh Wakil Bupati Barut, Anggota DPRD Barut, FKPD, OPD, instansi Vertikal, Tokoh masyarakat, Alim ulama, serta tamu undangan lainnya.(Tim)