Pesta Adat Bawanang Digelar di Kelumpang Hulu Kotabaru.

oleh -56 views

TEWENEWS, Kotabaru – Pesta Adat Potong Tahun (Bawanang) sebuah tradisi adat Dayak Meratus digelar di Desa Bangkalaan Dayak Kecamatan Kelumpang Kabupaten Kotabaru Kalsel sejak 1-2 September 2020.

Adapun agenda acara yang dilaksanakan adalah Penyerahan Ancak, Tulak Bala, dan Tandik Baunduran.

Tim Relawan H2D yang diwakili oleh Pembina Srikandi Banua propinsi sekaligus Koordinator Relawan Sayap Masyarakat Adat hadir dalam upacara adat dayak tersebut bersama Forum Intelektual Dayak Nasional yang digawangi ketuanya Bujino SH, MH.

Baca Juga :   Polsek Sebangau Kuala, dekati masyarakat ajak untuk terus menerapkan protokol kesehatan

Koordinator relawan sayap Masyarakat Adat, Yulita Lestiawati sangat mengapresiasi pesta adat Dayak Potong Tahun (Bawanang) ini, yang mana itu adalah suatu bentuk rasa syukur mereka terhadap Tuhan yang telah memberikan rejeki berlimpah,”ucap Yulita.

Baca Juga :   Hari Pertama di Kotabaru Haji Denny Sambangi Masyarakat dan Tokoh Agama.

Dia berharap kedepannya pemerintah akan mengemas ritual adat ini bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, agar kedepan bisa lebih meriah lagi.

“Pemerintah mestinya bisa nanti mejadikan acara ini sebagai salah satu Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru,” harapnya.

Diakui Yulita masalahnya adalah infrastuktur jalan yang masih kurang mendukung, selain juga untuk jaringan listrik dan komunikasi yang tidak tersedia.

Panitia aruh, Amirdi mengatakan, mewakili masyarakat berterimakasih atas kehadiran para undangan maupun pengunjung dari berbagai daerah pada pesta adat ini walaupun menempuh perjalanan jauh.

Baca Juga :   Personil polsek sosialisasikan maklumat kapolres bartim ,terkait kepatuhan protokol kesehatan ditempat umum.

“Kami sangat bersyukur banyaknya pengunjung dan undangan yang bisa menghadiri pesta Adat kami ini secara langsung,” ucapnya.(Sofyan)