Petugas Kesehatan Rutan Buntok Terima Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua

oleh -4 views

TEWENEWS, Buntok – Dua orang petugas kesehatan Rutan Buntok jalani vaksinasi dosis  kedua di Puskesmas Buntok, Rabu (10/3/2021). Pelaksanaan vaksinasi kedua ini merupakan tahapan yang wajib dijalani dari Program Vaksinasi Nasional.

Dimana petugas kesehatan mendapatkan prioritas utama, mengingat tugas dan tanggung jawabnya yang kerap bersinggungan langsung dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Seperti yang telah diketahui bahwa vaksinasi ini terbagi menjadi dua tahap. Dimana calon penerima vaksin covid-19 tahap satu diperiksa kesehatannya terlebih dahulu oleh petugas medis. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik dan riwayat kesehatan. Seusai vaksin tahap satu atau dosis pertama dilaksanakan penerima vaksin mendapatkan “kartu vaksinasi” untuk kontrol vaksinasi tahap dua, yaitu 14 hari usai vaksinasi pertama.

Baca Juga :   Penuhi Syarat, 10 WBP Rutan Buntok Ikuti Program Asimilasi Rumah

“Puji Tuhan vaksinasi berjalan lancar, baik tahap pertama maupun kedua, tidak ada keluhan ataupun efek samping” ungkap Maria, petugas kesehatan Rutan Buntok.

Baca Juga :   Larangan Mudik Diperpanjang, Kapolda Kalteng Cek Posko Penyekatan Di Perbatasan Bartim-Kalsel

Adapun vaksinasi bagi seluruh petugas akan dilaksanakan secara bertahap. “Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan sehubungan dengan pemberian vaksinasi bagi seluruh petugas Rutan Buntok, untuk pelaksanaannya masih menunggu jadwal” terang Budy yang juga petugas kesehatan Rutan Buntok.

Sejalan dengan program ini Kepala Rutan Buntok siap mendukung kebijakan pemerintah terkait pemberian vaksinasi.

Baca Juga :   Bupati Barito Timur Ajak Semua Elemen Optimalkan Pencegahan Karhutla

“Rutan Buntok siap mendukung Program Vaksinasi Nasional. Melalui vaksinasi baik tahap satu maupun tahap dua ini, kami berharap dapat memberikan edukasi kepada masayarakat agar tidak perlu ragu lagi untuk divaksin. Pemberian vaksinasi dengan menjaga protokol kesehatan merupakan upaya untuk melindungi diri dan keluarga kita dari ancaman covid-19,” pungkasnya.

(Rg/Tim)