Polisi Gadungan Bawa Kabur Mobil Pemilik Penginapan di Barito Timur

oleh -530 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Polres Kabupaten Barito Timur (Bartim) Jajaran Polda Kalimantan Tengah berhasil mengungkap penipuan penggelapan mobil, yang mana dalam menjalankan aksinya pelaku mengaku sebagai Polisi.

 

Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra SH, SIK. M. Pict mengungkapkan “Kronologis penipuan bermula pada hari Rabu, 17 Februari 2021 sekitar pukul 13.00 WIB, Saat itu pelaku datang seorang diri ke Penginapan Dewi di Ampah Kecamatan Dusun Tengah dengan mengenakan seragam PDH Polri beratribut lengkap dan mengaku sebagai anggota Polri yang berdinas di Polda Kalteng”, ucap Kapolres saat Press Release Selasa, (23/02/2021).

 

Keesokan pagi sekitar pukul 07.00 WIB pelaku menemui korban Suhudi yang merupakan pemilik Penginapan Dewi untuk meminjam mobil, dengan alasan akan mengikuti kegiatan rapat di Polres Bartim pada pagi hari.

Baca Juga :   Bupati Bartim Lepas 196 Jamaah Calon Haji

 

Korban yang merasa curiga setelah meminjamkan mobil, kemudian menghubungi temannya yang berdinas di Polres Bartim untuk menanyakan apakah ada kegiatan rapat di Polres Bartim yang dihadiri anggota dari Polda Kalteng, ternyata tidak ada kegiatan seperti yang dimaksud pelaku.

 

“Merasa tertipu, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polres Bartim”, ungkap Kapolres

 

“Setelah dilakukan pengejaran kurang dari 1×24 jam akhirnya pelaku berhasil kami bekuk beserta barang bukti di wilayah Batu Sopang Kabupaten Paser, selanjutnya pelaku beserta barang bukti kami bawa ke Polres Bartim guna proses lanjut”, terang Afandi

Baca Juga :   Kasus Tipikor SMKN 1 Gunung Timang Dihentikan, Temuan Audit Irjen Kemendikbud Tidak di Laksanakan ?

 

Polisi gadungan MY (31) warga Kecamatan Muara Ancalang Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur membawa kabur sebuah mobil Suzuki Escudo milik Sahudi (57) warga Desa Puri Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur.

 

“Pelarian pelaku berakhir setelah Unit Resmob Satreskrim Polres Barito Timur dengan dibantu Unit Resmob Satreskrim Tabalong Kalsel dan Unit Reskrim Polsek Batu Sopang Paser Kaltim melakukan pengejaran dan membekuk pelaku beserta barang bukti di wilayah Kecamatan Batu Sopang”, lanjut Kapolres

Baca Juga :   Di Bartim, Dana ADD dan DD Belum ada Kabarnya

 

Pelaku menggunakan modus operandi sebagai anggota polri yang berdinas di Polda Kalteng demi memudahkan saat menipu korban dengan membeli seragam Polri bersama atribut lengkap di Palangka Raya.

 

Dijelaskan Kapolres, pelaku sudah beberapa kali melakukan penipuan melalui media sosial, kemungkinan korbannya tidak hanya satu orang.

 

“Saya menghimbau kepada masyarakat apabila ada aparat yang mengaku polisi yang tidak dikenal, tanyakan Surat Perintah, karena Polisi bekerja berdasarkan surat perintah, agar jangan ada lagi korban penipuan oleh polisi gadungan”, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali)