Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Lahan di Kecamatan Samuda

oleh -41 views

TEWENEWS, Sampit – Kepolisian Sektor (Polsek) Jaya Karya serta jajaran Polres Kotawaringin Timur  (Kotim) berhasil menangkap satu orang pelaku pembakar hutan dan lahan (Karhutla). Pelaku ditangkap Polisi lantaran membakar lahan semak belukar, Senin (20/08) , Pukul 14.30 WIB.

Iyuh (26) warga Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten.Kotim provinsi Kalteng, berhasil ditangkap personel Polsek Jaya Karya.

Baca Juga :   DPO Pelaku Curat Menyerahkan Diri ke Satreskrim Polres Way Kanan

“Pelaku sudah diamankan di Mapolsek untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kapolres Kotim, AKBP Mohammad Rommel melalui Kapolsek Jaya Karya Ipda Hamdan Samudro.

Ditambahkan Kapolsek, pelaku melakukan pembakaran lahan dengan menggunakan sebuah korek mancis.

“Sewaktu tim gabungan TNI / POLRI melaksanakan patroli Karhutla di wilayah hukum Polsek Jaya Karya, kemudian tim beristirahat dan sholat Dzuhur di Masjid Al Hadi, tiba tiba beberapa orang dari tim melihat asap dari kejauhan kemudian didatangi dan menemukan seseorang membakar lahan semak belukar,” jelas Hamdan

Baca Juga :   Lagi PNS di Bartim Terjaring Kasus Narkoba

Mendapati kejadian itu, personel patroli gabungan karhutla langsung melakukan pemadaman lahan yang sempat terbakar.
Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan sekecil apapun karena akan dihukum penjara selama 15 tahun.

Baca Juga :   Seruduk Truck SGM, Pengendara Jupiter Tewas di Tempat

“Tentu, ini akan terus kita sampaikan melalui spanduk imbauan serta sosialisasi Bhabinkamtibmas jajaran Polres Kotim,” tutupnya.(Bambang/tim)