Polres Barito Timur Gelar Vaksinasi di Masjid Darul Ibadah Tamiang Layang Usai Taraweh

oleh -29 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Polres Barito Timur Jajaran Polda Kalimantan Tengah, menggelar Vaksinasi Gerai Presisi di Masjid Darul Ibadah Tamiang Layang usai sholat Taraweh, Rabu, 13 April 2022.

Kegiatan vaksinasi dimulai sekitar pukul 20.00 WIB usai salat tarawih. Tampak jemaah yang baru saja selesai melaksanakan salat tarawih antusias mengikuti vaksinasi dengan mengantri secara tertib pada kursi yang disediakan.

Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra SH, SIK, M. Pict yang diwawancarai di sela kegiatan menjelaskan, “Vaksinasi pada malam hari karena pada bulan Ramadan ini umat Islam banyak melaksanakan aktivitas pada malam hari,” ungkap Kapolres.

Dia melanjutkan, pertimbangan puasa bagi umat Islam pada siang hari menjadi alasan lain vaksinasi dilaksanakan malam hari, meski fatwa dari MUI sudah memastikan bahwa kegiatan vaksinasi pada siang hari tidak membatalkan puasa.

Selain itu, kegiatan vaksinasi selama bulan Ramadan disiapkan untuk masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran sesuai dengan instruksi Presiden yang mensyaratkan vaksinasi booster bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik baik lewat darat, udara maupun laut.

Meski dilaksanakan di Masjid usai salat tarawih namun kegiatan tersebut juga terbuka untuk masyakarat umum atau umat non Muslim serta disediakan vaksin dosis 1, dosis 2 maupun booster.

“Kami juga menghimbau masyarakat agar mentaati Prokes, selama bulan puasa ini kita ada kelonggaran-kelonggaran, meski angka Covid-19 makin membaik, tetap harus waspada”, pubgkas Kapolres. (Ahmad Fahrizali).