Polres Bartim Dukung Program Pemkab Untuk Menunjang Pangan

oleh -74 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Polres kabupaten Barito Timur (Bartim) Polda Kalimantan Tengah, dukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bartim dalam mengembangkan swasembada pangan dengan melakukan tanam jagung bersama di belakang Mako dan Perumahan Polres setempat.

Penanaman jagung tersebut menggunakan bibit jagung pangan ternak Hibidra sebanyak 30 kilo gram merek Asia 92 dengan luas tanam mencapai 2 hektar pada diametri jarak tanam bekisar 60 cm dari tiap pokok tanaman dengan hasil kurang lebih 9 -10 ton per hektar.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Bupati Bartim, Ampera A Y Mebas, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Dirpamobvit Polda Kalteng Kombespol I Nyoman Suastra yang kebetulan berada di Bartim, Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK, MH beserta jajaran, Ketua DRPD, Perwira Penghubung Kodim 1012 Buntok, Kepala Kejaksaan Negeri atau yang mewakili, Kepala Pengadilan Negeri Tamiang Layang, Kepala Lapas Bartim, Kepala Dinas Pertanian, Para Penyuluh Pertanian dan para tamu undangan, Rabu (05/02/2020).

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK, MH mengatakan “Pihaknya mendukung program Pemkab Bartim, dengan turut serta melakukan penanaman jagung pakan di areal Mapolres, untuk mendukung Pemkab Bartim dalam upaya mempersiapkan diri menjadi penyanggah pangan Ibu Kota Negara (IKN)”, ucap Zulham,

Tanam jagung bersama pemerintah daerah untuk mendukung program Bupati yaitu selain swasembada beras, juga untuk menjadi sentra penghasil telur dan daging ayam dimana salah satu bahan pakan ayam petelur adalah jagung.

Dilanjutkan penyandang Dua Melati tersebut, penanaman jagung ini juga untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan tidak produktif yang ada di kompleks Mapolres Bartim. Dengan dibantu oleh Dinas Pertanian untuk mempersiapkan bibit dan tenaga teknik untuk menanam jagung sehingga dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk kepentingan masyarakat, kepentingan anggota dan kepentingan program Pemkab Bartim, pungkas Zulham. (Ahmad Fahrizali)