Polres Bartim Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang Tahun 2020

oleh -42 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Polres kabupaten Barito Timur (Bartim) Polda Kalimantan Tengah, bersama TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP laksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Telabang tahun 2020, dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas pada Idul Fitri 1441 Hijriah ditengah mewabahnya COVID – 19 pada masa New normal, dihalaman Mapolres setempat.

Apel dipimpin Wakil Kapolres (Wakapolres) Bartim Kompol Donal Harianja, turut hadir Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh Al – Qadri, Plt Sekda Panahan Moetar, Forkopinda,OPD, dan jajaran Anggota Polres Bartim, Rabu (22/07/2020).

Dalam amanatnya Wakapolres mengatakan “Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan”, ucapnya.

Baca Juga :   Mapolsek Dusun Tengah Dikunjungi Kapolres Bartim

Dilanjutkan Kompol Donal, umlah kecelakaan lalu lintas tahun 2018 sejumlah 27 kejadian dan pada tahun 2019 sejumlah 37 kejadian atau kenaikan tren 37 persen, korban meninggal dunia tahun 2018 sejumlah 13 orang dan pada tahun 2019 sejumlah 13 orang.

Korban luka berat tahun 2018 sejumlah 14 orang dan pada tahun 2019 sejumlah 20 orang atau kenaikan trend 43 persen, korban luka ringan tahun 2018 sejumlah 52 orang dan pada tahun 2019 sejumlah 30 orang atau ada penurunan trend 42 korban luka ringan tahun 2018 sejumlah 52 orang dan pada tahun 2019 sejumlah 30 orang atau ada penurunan trend 42 persen, ungkap Wakapolres.

Baca Juga :   Wabup Habib Said Abdul Saleh, Himbau Rayakan Pergantian Tahun Jangan Berhura-Hura

“Kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tidak segampang yang kita perkirakan, kita harus melakukan berbagai upaya untuk membina dan memelihara kamseltibcarlantas”, tambahnya.

Sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 22 tahun 2019 tentang lalu lintas dan angkutan jalan kita diharapkan untuk, pertama mewujudkan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas kedua meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Ketiga membangun budaya tertib berlalu lintas dan keempat meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik”, sambungnya.

Baca Juga :   Dana Pilkades Barut Rp 346,1 Juta, Desa Kandui Terbesar Rp 26 Juta

Pada pelaksanaan operasi Patuh Telabang tahun 2020 kali ini berbeda dengan tahun yang lalu, kita dihadapkan dengan wabah virus Corona atau COVID – 19 dimana kita lebih sering mengedepankan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru

“Untuk itu kita prioritaskan kegiatan Represif 40 persen dan preventif 40 persen, disamping itu untuk edukasi masyarakat 20 persen dengan harapan masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga tercipta situasi kamseltibcarlantas yang tertib dan juga terlaksananya sosialisasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan menuju kebiasaan baru dengan harapan memutus mata rantai penyebaran COVID – 19”, pungkas Wakapolres. (Ahmad Fahrizali).