Polres Bartim Musnahkan Barbuk Ratusan Miras Hasil Operasi

oleh -58 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Polres Barito Timur (Bartim) Polda Kalimantan Tengah, musnahkan barang bukti ratusan botol Minuman Keras (Miras) berbagai merek hasil sitaan dari beberapa operasi, termasuk Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dihalaman Mapolres setempat.

Kegiatan pemusnahan Miras tersebut diikuti jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Bartim, Sekretaris Daerah Ir. Eskop MAP, Ketua Pengadilan Deni Indrayana SH, MH Kasi Intel Kejaksaan Arif Zein, SH, Perwira Penghubung Kodim 1012 Buntok Rukun Hadi, Kasat Pol PP dan jajaran Polres Bartim, Kamis (19/12/2019)

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK, MH pada press conference di hadapan para wartawan mengatakan “Miras yang kita amankan ini merupakan hasil dari beberapa operasi, yang kita lakukan oleh anggota pada saat patroli ataupun kegiatan khusus dalam operasi yang terkait dengan penyakit masyarakat”, ucap Zulham.

Baca Juga :   Kapolres Kunjungan Kerja ke Polsek Dusun Timur,

Pemusnahan tahun ini jauh lebih sedikit kalau dibandingkan dengan tahun lalu, itu membuktikan bahwa kesadaran masyarakat Bartim terkait penggunaan minuman keras dan narkoba di wilayah kita sudah jauh berkurang.

Menurut Zulham, kalau tahun lalu saat kita mengadakan press conference, saat itu ada Miras, Senjata Tajam (Sajam) dan Narkoba, untuk tahun ini kita hanya memusnahkan barang bukti Miras, untuk narkoba ada namun jumlahnya tidak banyak, sehingga pada saat pembuktian di pengadilan dan dibawa ke laboratorium forensik narkoba nya habis, karena memang pelakunya merupakan penggunaan.

Baca Juga :   Kembali Satreskrim Polres Seruyan Rutinkan Cek Dan Kontrol Ketersediaan Alkes Di Sejumlah Apotek Kabupaten Seruyan

Dilanjutkan penyandang pangkat tiga melati itu, Dari hasil operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) untuk tahun ini kita tidak ada mengamankan pelaku Sajam, baik di pasar, terminal maupun tempat hiburan lainnya, selama kegiatan patroli yang dilakukan oleh Sabhara, gabungan Reskrim dan Lalu Lintas serta Polsek.

“Saya selaku Kapolres Bartim mengucapkan terima kasih anggota yang telah bekerja dengan baik, serta kepada rekan-rekan stakeholder Bupati, TNI, kejaksaan, pengadilan dan Sampai PP, sehingga kesadaran masyarakat kita sudah tinggi.

Senada dengan yang disampaikan Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri Tamiang Layang Deni Indrayana SH, MH mengapresiasi keberhasilan Polres Bartim untuk menekan angka Pekat, hal terlihat dengan jumlah perkara yang masuk di pengadilan, menurunnya cukup tajam tahun ini hanya beberapa perkara saja.

Baca Juga :   Kapolres Bartim sambut Tim Asrena Mabes Polri di Mako Batalyon C Satbrimob Polda Kalteng.

Sedangkan untuk Narkoba intensitasnya lebih menurun, ini menunjukkan bahwa ada sinergitas antara aparat penegak hukum, baik Kepolisian, TNI, Satpol PP untuk menekan angka Pekat ini. Hampir setiap hari kita lihat ada patroli baik dari pihak Kepolisian, TNI maupun Satpol PP.

kita sebagai bagian dari masyarakat Batim bersyukur memiliki aparat kepolisian dan keamanan lainnya yang bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban di Bartim, pungkasnya. (Ahmad)