Polres Kapuas Tangkap Ribuan Potong Kayu Log di Sungai Kapuas

oleh -41 views

TEWENEWS,Kuala Kapuas – Kepolisian Resor (Polres) Kapuas telah menemukan ribuan potong kayu log yang sudah dirakit di daerah aliran sungai (DAS) Kapuas, Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas,Kalimantan Tengah.

Kayu diduga dari hasil pembalakan liar tersebut ditemukan pada Sabtu (24/2), pukul 13.00 WIB saat petugas gabungan dari Polres Kapuas, Polsek Mantangai dan Ditkrimsus Polda Kalteng melakukan patroli perairan di DAS Kapuas Kecamatan Mantangai.

Baca Juga :   Polisi Gagalkan Penyelundupan Kayu Ulin ke Desa Patas

Direktur Kriminal Khusus (Diskrimsus) Polda Kalteng Kombes Pol Sumarto mengungkapkan, kayu tersebut ditemukan pihaknya di tiga titik lokasi yaitu di Desa Kalumpang, Desa Katunjung dan Desa Mantangai Hulu Kecamatan Mantangai.

“Jumlah keseluruhan kayu log yang kita temukan sebanyak 3.500 potong yang sudah dirakit. Terkait dengan penemuan ini kita akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap pelaku yang diduga melakukan illegal loging ini,” ujar Sumarto di Kuala Kapuas, Selasa (27/2/2018).

Baca Juga :   Cegah Terjadinya Karhutla, Polsek Timpah Gencar Laksanakan Sosialisasikan Larangan Karhutla Dengan Spanduk Di Tengah Masyarakat

Kapolres Kapuas, AKBP Sachroni Anwar, merincikan bahwa tiga lokasi penemuan kayu log 3.500 potong tersebut meliputi Desa Kalumpang sebanyak 1.000 potong, Desa Katunjung 1.000 potong dan Desa Mantangai Hulu sebanyak 1.500 potong dengan jenis kayu semuanya adalah rimba campuran.

Baca Juga :   Polres Kapuas Bersama Instansi Terkait Ikuti Vicon Rapim Dalam Rangka Percepatan Program Vaksin Covid-19

“Untuk pelakunya sampai saat ini masih dalam penyelidikan dan kita juga akan berkoordinasi dengan pihak pengadilan, karena pengalaman kita kemarin berkoordinasi dengan pengadilan yang mana tindak lanjutnya adalah dilaksanakan pelelangan,” terang Sachroni.(Jay)