Potret SDN1 Lanjas di Muara Teweh, Satu Ruangan Dibagi Dua Kelas

oleh -281 views
Kepala Sekolah SDN1 Lanjas, Sumilah SPd, Saat menunjukan Ruang Belajar yang di sekat menjadi dua ruang belajar.

TEWENEWS, Muara Teweh – Puluhan siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN)1 Lanjas, Kelurahan Lanjas, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, terpaksa harus belajar satu ruangan dengan siswa kelas lainnya.

Ironisnya, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak lama, namun, Pemkab Barut belum mampu untuk menambah ruangan bagi siswa di sekolah itu.

”Kami disini ada dua ruang kelas yang di sekat-sekat dengan jumlah murid yang sangat menumpuk, jadi satu-satunya jalan dengan di sekat. Kami memang kekurangan ruang kelas,” ujar Kepala Sekolah Sumilah, SPd, ketika ditemui, Jumat (30/11/2018)

Kami seharusnya memiliki 12 ruang belajar, tapi ruang kelasnya hanya ada delapan, jadi ada dua rungan yang di sekat.

”Kelas 1A,1B, Kelas IIIA dan IIIB digabung dengan di sekat, karena keterbatasan sarana dan prasanara itu, jumlah siswa berpariasi ada yang 25 dan ada yang 33 untuk satu ruang belajar,” tutur Wanita yang mengaku sudah puluhan tahun sebagai kepala sekolah itu.

Beruntung, sebagai seorang kepala sekolah, Sumilah bijak, karena mampu membujuk siswa agar tidak mengeluh dengan keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah tersebut. Siswa Kelas harus berbagi ruangan, sehingga proses belajar mengajar tidak terganggu.

Kosentrasi murid dan guru pun tidak maksimal, karena ada dua orang guru yang berdiri di depan mereka memberikan materi pelajaran. Sumilah berharap, adanya penambahan ruang belajar supaya proses belajar dan mengajar yang ada tidak saling mengganggu.

“Sekarang ada di bangun baru satu lokal untuk ruang kelas di belakang bangunan sekolah ini, bangunan itu di bangun berlantai dua tapi dananya tidak mencukupi untuk menyelesaikan lantai dua,”tandasnya.

Kepala Dians Pendidikan Barito Utara, Masdulhaq saat akan di konfirmasi perihal ada bangunan sekolah di dalam kota Muara Teweh hingga sekarang kekurangan ruang belajar tidak ada di tempat. “Bapak lagi perjalanan ke luar kota,”ujar petugas penerima tamu.(Tim)