Prakiraan Cuaca dan Potensi Bencana di Barito Timur, 10 Januari 2023

oleh -10 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Timur menyampaikan prakiraan cuaca hari ini dan potensi bencana di Kabupaten Barito Timur berdasarkan sumber data update dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Selasa, 10 Januari 2023.

Prakiraan cuaca di sebagian besar wilayah Kabupaten Barito Timur pada hari ini pagi dan sore hari dalam kondisi berawan kemudian hujan ringan pada siang dan malam hari. Hanya di wilayah Kecamatan Patangkep Tutui yang diprakirakan cerah berawan mulai pagi hingga malam hari.

Namun demikian, karena dinamisnya kondisi atmosfer dan interaksinya dengan samudera/lautan di wilayah kepulauan Indonesia, maka perubahan keadaan cuaca dapat berubah sewaktu – waktu.

Jika ditinjau dari prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Kabupaten Barito Timur dalam kategori aman.

Potensi banjir tingkat rendah diprakirakan akan terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur, yaitu wilayah Kecamatan Dusun Tengah, Karusen Janang, Paju Epat dan Pematang Karau.

Untuk potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Timur ditinjau dari tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah (FFMC), wilayah Bartim dalam kategori aman. Alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi basah dan sulit terbakar.

Ahmad Gazali, S.Pd.I, M.M. selaku Kepala Pelaksana BPBD-Damkar Kabupaten Barito Timur menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperbaharui informasi terkait prakiraan cuaca dan kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan tetap berhati – hati jika beraktivitas di luar rumah, Masyarakat juga diharapkan untuk berhati – hati dan selalu memantau perkembangan kondisi sekitar sehingga resiko bencana dapat diantisipasi, dikurangi dan ditanggulangi.(Ahmad Fahrizali/ sumber : BPBD-Damkar Kab. Bartim)