PT. Daqing Citra Bayar Kompensasi di Tanah Bersengketa, Camat “Geleng Kepala”.

oleh -159 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Masalah pembayaran kompensasi titik bor oleh PT.Daqing Citra, mendapat perhatian khusus oleh Camat Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Dia sangat prihatin pihaknya tidak dilibatkan sama sekali dalam masalah itu.

“Saya sudah katakan, ini soal uang, sangat berbahaya akibatnya, jangan dibayar dulu kalau masih ada sengketa, tapi kok malah dibayar”, ungkap, Agus Siswadi,S.IP M.IP seraya menggelengkan kepala, kamis,(4/10/2018).

Dia menjelaskan, terkait ulah PT. Daqing Citra yang membayar kompensasi titik bor diatas tanah sengketa baru-baru ini, Menurut Agus, hal tersebut dapat memicu konflik yang merugikan kedua belah pihak, baik perusahaan maupun masyarakat.

“Kontraktor PT. Pertamina EP tersebut tidak melibatkan unsur Tripika dalam merealisasikan pembayaran dilapangan, sehingga pihaknya tidak memiliki data terkait spesifikasi penerima kompensasi dari perusahaan,”ujarnya, saat berbincang santai sambil minum kopi di Muara Teweh.

Manajemen PT. Daqing Citra saat dikonfirmasi terkait hal tersebut masih bungkam, bahkan saat dihubungi melalui via whatsapp dan telepon selular, Humasnya enggan menjawab.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh tewenews.com, PT. Daqing Citra membayar kompensasi pasca survey seismik 2 D kepada Kepala Desa Linon Besi I pada tanggal 30 september 2018.

Hal tersebut kemudian memicu kemarahan puluhan ahli waris, karena obyek kompensasi yang dibayar pihak perusahaan terletak dalam tanah ulayat mereka, bukan Hutan Desa sebagaimana alasan Kades menerima kompensasi tersebut.(Taufik/Tim)