PT IMK dan Koperasi BSB  Promosi Olahan Makanan dan Pertanian dari Desa Sekitar Tambang

oleh -38 views

TEWENEWS, Puruk Cahu – Koperasi Bumi Subur Baru (BSB) Desa Datah Kotou Kecamatan Tanah Siang Selatan Kabupaten Murung Raya bersama PT Indomaro Kencana (IMK) mempromosikan bermacam-macam produk olahan makanan dan sayur sayuran dari sejumlah desa sekitaran lingkar perusahaan tambang emas yang ada diwilayah Kabupaten Murung Raya.

Dari 12 desa lingkar tambang PT IMK, ada beberapa desa yang yang masing- masing mempunyai olahan, yaitu Desa Mangkolisoi dan Desa Tambelum yang mempunyai olahan krepek jagung dan krepek padi serta abon cabe. Kemudian Desa Tahujan Ontu yang memproduksi bermacam macam jenis sayur, seperti sayur terong dan gambas. Lalu
Desa Bantian yang menonjolkan tanaman sayur kangkung yang siap di panen selama 10 hari. Desa Batu Mirau dengan olahan kerepek jagung dan buah papare, dan Desa Dirung Lingkin yang bisa memprodusi nuget dan pentol daging sapi.

Hadir dalam acara pekan promo produk olahan pertanian peternakan dan perikanan oleh Koperasi Bumi Subur Baru Desa Datah Katou tersebut,
Kepala Desa Datah Kotou Sahrani, Kabid Perdagangan dari Disperindagkop Mura, Kabid Pertanian dari Dinas Pertanian dan Perikanan, Kades Olong Hanangan, Kades Mangkahui H Dirin, dan perwakilan PT IMK, Andre bersama sejumlah Karyawan PT. IMK lainnya, Selasa (21/12/2021).

Kabid Pertanian, Nurhudada, dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Mura menyampaikan, penjualan produk olahan ini, cukup dipasarkan di daerah sekitaran Puruk Cahu, karena bila seandainya produk olahan ini di jual ke Muara Teweh atau keluar daerah, itu tidak sesuai dengan pengeluaran dan hasilnya.

“Itu mungkin besar ongkosnya daripada hasil jualannya, jadi cukup di jual area Puruk Cahu aja,” katanya.

Kabid Perdagangan, Melda, berharap untuk anggota Koperasi Bumi Subur Baru Desa Datah Kotou, kalau boleh semuanya harus ikut pelatihan di bawah bidang perkoperasian.

“Agar koperasi itu bisa berjalan dengan baik bila semua anggotanya sudah ikut melakukan pelatihan,” jelasnya. Asmansyah)