Puskesmas Tamiang Layang Gelar Lokakarya Lintas Sektoral

oleh -69 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tamiang Layang kecamatan Dusun Timur (Dustim) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, mengelar kegiatan Lokakarya mini lintas sektoral di rumah makan Mahya Tamiang Layang, Selasa (17/12/2019).

Pada kegiatan Lokakarya tersebur turut hadir Camat Dustim Yudesman, pihak Kepolisian, TNI, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, pihak ketiga dari perusahaan PT. Maslapita dan Kepala Desa se Kecamatan Dustim. Lokakarya adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.

Kepala UPTD Puskesmas Tamiang Layang Ringkai. Amd mengatakan “Kegiatan Lokakarya ini diikuti lintas sektoral, kita menyampaikan kepada semua sektor tentang program Puskesmas. Ada target yang sudah tercapai ada juga target yang masih belum tercapai”, ucap Ringkai.

Kemudian target yang masih belum tercapai ini kita diskusikan dengan lintas sektor supaya nanti kita bersama-sama seperti apa cara penanggulangannya terkait kesehatan masyarakat dan lingkungan termasuk Stunting, supaya target yang belum tercapai bisa tercapai.

Menurut Ringkai, Lokakarya mini ini merupakan Lokakarya yang keempat kalinya dilaksanakan pada tahun 2019, karena dalam 1 tahun harus dilaksanakan Lokakarya mini lintas sektor ini minimal 4 kali.

Lokakarya ini bertujuan untuk penilaian Akreditasi Puskesmas karena tahun 2018 kemarin Puskesmas Tamiang Layang hanya mendapat akreditasi Dasar.Untuk peningkatkan supaya Akreditasi menjadi Madya, bahkan lebih itu minimal harus 4 kali melakukan kegiatan Lokakarya, paparnya.

Sementara itu Camat Dustim menjelaskan, untuk penanganan Stunting kita juga bekerja sama dengan Kepala Desa, karena Kepala Desa juga bisa memasukkan program pencegahan dan penanggulangan Stunting Ini untuk melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, jelas Yudesman.

Lokasi khusus (Lokus) Stanting di kecamatan Dusun Timur ini yaitu desa Mangkarap untuk tahun ini. Tentunya kita berharap dukungan dari semua pihak, baik itu Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya termasuk perusahaan selaku pihak ketiga dari serta dari semua Kades.

Kami mengucapka terima kasih atas bantuan para pihak, demikian pula atas bantuan PT. Maslapita yang telah menyalurkan CSR nya, dengan melakukan kegiatan bakti sosial di desa-desa, seperti yang mereka laksanakan baru-baru ini di SDN Karang Langit dan SDN Matarah, kami berharap perusahaan-perusahaan lainnya juga bisa turut berkontibusi pungkasnya. (Ahmad)