Puting Beliung Kembali Porak Porandakan Puluhan Rumah di Sidoarjo

oleh -13 views

TEWENEWS,Sidoarjo – Angin puting beliung disertai hujan lebat, kembali menerjang wilayah Sidoarjo kemarin sore . Kali ini, terjadi di wilayah paling barat yakni Kecamatan Balongbendo Sidoarjo. Puluhan rumah warga rusak, akibat terjangan angin tersebut, Sabtu (15/12/2018).

Menurut informasi, ada tiga desa yang di terjang angin. Yakni Desa Wonokarang, ada dua rumah yang rusak parah, dan lima rumah rusak ringan. Sedangkan,di Desa Bakung Pringgodani juga ada dua rumah rusak parah, dan sepuluh rumah rusak ringan.

Sementara, di Desa Kedung Sukodani hanya ada satu rumah warga yang rusak ringan. Rata-rata yang rusak adalah bagian atap rumah. Selain rumah warga yang rusak, banyak pepohon yang roboh dan berserakan.

Paiman, salah satu warga Desa Bakung Pringgodani menuturkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu, hujan sangat deras yang disertai angin kencang. Secara tiba-tiba, angin tersebut menggulung dari arah barat ke timur.

Saat sibuk mencuci motor, Dirinya mendengar dengungan angin yang kemudian memporak-porandakan atap rumahnya. Karena kuatir tertimpa reruntuhan atap rumah, Ia berlindung di dekat motornya.

Akibat dari angin puting beliung ini, puluhan pohon juga ikut tumbang di tiga desa tersebut. Ada yang tumbang berserakan di tengah jalan, ada pula yang menimpa rumah warga dan juga menimpa kabel listrik.

Dampaknya, aliran listrik yang berada di tiga desa terputus. Paska kejadian ini, sejumlah warga bersama petugas kepolisian dari Polsek Balongbendo, melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap reruntuhan rumah dan pohon-pohon yang tumbang.

Dikatakan Kapolsek Balongbendo Kompol Sutriswoko , dari pendataan petugas, sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana puting beliung.
selain warga dan petugas kepolisian, petugas dari BPBD Sidoarjo juga ikut turun langsung membantu proses evakuasi, dengan mengerahkan beberapa peralatan gergaji mesin.(Joko)