Putusan Kasasi Sudah kelur, Orang Tua Korban Asusila Minta Pelaku di Eksekusi

oleh -13 views

TEWENEWS, Sampit – Orang tua korban asusila berinisial KAR, meminta agar jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Kotawaringin Timur segera mengeksekusi Nova Chandra Prayogo (19) ke penjara.

Nova merupakan terpidana kasus asusila hingga membuat KAR yang saat itu duduk di bangku SMA di Sampit hamil dan kini sudah melahirkan anak.

Menurut orangtua KAR, putusan kasasi sudah keluar sejak lama. Mereka berharap Kejari Kotim segera mencarinya dan mengeksekusinya.

Baca Juga :   Orang Tua Kaget Putrinya Hamil Diluar Nikah, Pacaran Kelewat Batas di Tangkap Polisi

“Kami melihat tidak adanya keseriusan pihak kejaksaan untuk mengeksekusi terpidana ke penjara,” katanya.

Maka dari itu, dirinya akan melaporkan perkara itu ke Kejaksaan Agung (Kejagung) agar ada tindak lanjut atas kasus tersebut.

Seperti diketahui, Hakim Pengadilan Negeri Sampit pada 2016 lalu memvonis Nova selama 5 tahun penjara subsider latihan kerja selama 90 hari. Saat diputus, Nova masih di bawah umur, yakni berusia 16 tahun.

Baca Juga :   Tak Terima Rekannya Diamankan Polisi, Sekelompok Oknum Warga Rusak Peralatan dan Kantor Kemitraan PT AGU  

Atas putusan itu, melalui kuasa hukumnya, Nova mengajukan banding dan oleh Pengadilan Tinggi Kalteng, hakim tinggi menguatkan putusan Pengadilan Negeri Sampit.

Tidak terima, Nova lalu mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Hingga beberapa bulan, masa penahanan Nova habis sedangkan putusan kasasi MA belum turun. Nova kemudian dikeluarkan dari Lapas Sampit.

Baca Juga :   Sudah Minta Ampun, Suami Tetap Paksa Istri Layani Empat Temannya

Putusan kasasi dari MA turun setelah Nova sudah menghirup udara bebas. Hasilnya, putusan Nomor:134K/Pid.Sus/2016 tanggal 16 Mei 2016, tersebut kembali menguatkan putusan lima tahun penjara kepada Nova.

“Dia (Nova) sudah menghilang dari kediaman ibunya di Jalan HM Arsyad KM 10, Desa Pelangsian (Kecamatan MB Ketapang),” tandasnya.(tim)