Ratu Anom : Pilih Pemimpin Banua yang Peduli Lingkungan

oleh -56 views

TEWENEWS, BANJARBARU – Dalam kesempatan kunjungan kali ini salah satu kegiatan yang dilakukan oleh YM Sri Ratu Yulita Lestiawati Sri Baya atau yang lebih dikenal dengan nama Ratu Anom adalah mengunjungi situs budaya Gunung Pamaton di Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/6/2021)).

Namun demikian setiba di lokasi Ratu Anom nampak sangat terkejut melihat keruhnya air sungai di Gunung Pamaton.

“Kami bertanya kepada seorang kakek yang nampak sedang menunggu tempat peristirahatan di sana apakah ini akibat banjir besar awal tahun lalu,” jelasnya.

Baca Juga :   Satlantas Polres Gumas Gencar Sosialisasi Prokes Ke Pengendara

Ternyata lanjut wanita yang juga aktivis lingkungan ini, penjelasan dari Kakek Darmawan bahwa air sungai ini sudah keruh sejak lama.

Menurut Ratu Anom, berdasarkan penjelasan kakek Darmawan,kira-kira sudah dua tahun terakhir ini banjir penyebabnya karena ada tambang emas rakyat di bagian Hulu Sungai.

Para penambang datang dari luar kampung tetangga dan sudah sering dilakukan upaya penertiban oleh pihak terkait yaitu Dinas Kehutanan. Bahkan pernah dia dengar petugas menembak mesin dompeng milik penambang namun para penambang selalu kembali untuk mengambil emas beberapa hari setelah penertiban.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Polsek Tasik Payawan Dan Kamipang Sosialisasikan 3 m Dan Penerapan Protokol Kesehatan Di Prusahan Pt.Arjuna Kec.Kamipang

Masyarakat di kampung kata kakek Darmawan tidak melarang,sebab itu merupakan mata pencaharian orang.Artinya penegakan hukum saja bukan solusi yang tepat dalam pemecahan masalah ini akan tetapi perlu pendekatan sosial dan membuka lahan pekerjaan alternatif bagi rakyat terutama di saat pandemi corona ini dimana banyak warga kehilangan pekerjaan, maka menambang emas adalah sebuah pilihan yang cukup menjanjikan bagi warga.

Terkait PSU Pilgub tgl 9 Juni nanti, YM. Ratu Anom berharap agar Gubernur yang dipilih adalah yang memiliki kepedulian tinggi pada lingkungan dan situs budaya sekaligus memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Baca Juga :   P.s.Kanitsabhara Polsek Mendawai Gencar Melaksanakan Sosialisasi Stop Kejahatan Terhadap Lingkungan

“Dukung calon Gubernur cerdas yang bisa memberikan solusi tepat dan bermanfaat jangka panjang timpalnya,” jelas Ratu Anom sembari mengungkapkan kesedihan memandang sungai yang keruh yang biasa dipakai dalam ritual mandi mandi bagi para peziarah budaya di Gunung Pamathon.

Kedatangan YM Ratu Anom ke Banjarmasin sebagai bentuk dukungannya kepada sahabatnya Haji Denny dalam PSU Kalsel tanggal 9 Juni nanti.(yan/kan)