Ratusan Kendaraan Putar Balik di Perbatasan Kalteng-Kalsel

oleh -2.004 views

TEWENEWS, Kuala Kapuas – Petugas Kepolisian beserta dinas terkait yang melakukan penjagaan dan pemeriksaan di perbatasan Kalteng-Kalsel , tepatnya di kilometer 12,5 Jembatan Timbang Anjir Serapat Timur, nampaknya tidak main-main dalam menindak pengendara yang tidak melengkapi atau membawa surat keterangan kesehatan bebas covid-19 untuk memasuki Kalteng. Hal itu terlihat dengan banyaknya pengendara dari Kalsel yang harus kembali memutar balik tidak bisa masuk ke wilayah Kalteng.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti melalui Kabagops Polres Kapuas, Kompol Aris Setiyono kepada media ini Minggu (2/5/2021) siang di pos penjagaan dan pemeriksaan mengatakan bahwa Polres Kapuas sudah menempatkan paspam di km 12,5 jembatan timbang dari tanggal 28 April dan sudah melakukan kegiatan ini berupa himbauan untuk masyarakat agar masyarakat mengerti tentang protokol kesehatan, membagikan masker, selain itu juga himbauan mengenai keselamatan.

Baca Juga :   Cegah Terjadinya Karhutla, Aiptu Dodi Heryadi Sosialisasikan Larangan Karhutla Kepada Masyarakat Gunakan Spanduk

Disampaikan Aris juga bahwa ada sebanyak 24 personil kepolisian yang diturunkan setiap hari untuk melaksanakan penjagaan dan pemeriksaan ini secara bergantian.

“Dalam kegiatan pemeriksaan ini ada beberapa aturan yang dilaksanakan baik itu aturan satgas, perda atau pergub yang intinya harus ditaati oleh seluruh warga masyarakat yang memasuki wilayah kabupaten Kapuas,” Jelas mantan Kapolsek Selat ini didampingi Kapolsek Kapuas Timur Iptu Eko Sutrisno.

Baca Juga :   Sosialisasikan Larangan Karhutla di Kawasan Pemukiman, Bripka Niade Hendra Tempelkan Maklumat Kapolda Kalteng

Diharapkan masyarakat membawa surat keterangan kesehatan atau rapid tes atau surat dari Keterangan dari dinas atau ASN atau kepalanya untuk bisa memasuki kabupaten Kapuas karena terkait dengan makin meningkatnya dan varian baru covid-19 dari propinsi tetangga perlu antisipasi.

“Alhamdulillah di kapuas sejak tanggal 30 terkonfirmasi covid-19 sudah menurun. untuk itu diharapkan rekan-rekan dari propinsi lain yang memasuki wilayah kabupaten Kapuas bisa menunjukkan surat ketengan kesehatan atau rapid tes,” ungkap Aris Setiyono.

Baca Juga :   Warga Penerima BLT Melalui Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang, Membludak Tidak Meperhatikan Jarak

Disampaikan pula oleh Kabagops, sejak diberlakukannya pemeriksaan surat kesehatan oleh petugas di pos penyekatan pemeriksaan kilometer 12,5 di jembatan timbang Anjir Serapat Timur ini sejak kemaren berdasarkan data dari paspam penyekatan, yang disuruh kembali atau putar balik sebanyak kurang lebih 100 kendaraan roda empat.

“Sedangkan untuk hari ini (Minggu-red) sampai pukul 10: 30 sudah ada sekitar 85 kendaran roda empat dari Kalsel yang harus kembali atau putar balik,” pungkasnya.(yan/kan)