Ribuan Umat Kristiani Ikuti Ibadah Jumat Agung di Gereja Hosana Puruk Cahu

oleh -5 views

TEWENEWS, Murung Raya – Ribuan umat Kristiani mengikuti Ibadah Jumat Agung dengan khidmat di Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Hosana Puruk Cahu, jalan Gereja No 01, Kabupaten Murung Raya, Jumat (7/4/2023).

Jumat Agung adalah hari peringatan dari penyaliban Yesus Kristus di bukit Golgota. Jumat Agung selalu diperingati setiap tahun pada hari Jumat sebelum minggu Paskah.

Sejumlah gereja di Murung Raya melaksanakan Ibadah Jumat Agung dan Sakramen Perjamuan Kudus. Sementara itu, Jemaat mengikuti ibadah di Gereja Hosana Puruk Cahu yang dimulai pukul 09.00 WIB. Pada halaman gereja panitia menyiapkan tenda-tenda besar untuk jemaat, serta ibadah tersebut disiarkan secara live streaming.

Pdt. Hendri, S.Th saat menyampaikan pemberitaan Firman Tuhan, mengajak seluruh jemaat memaknai hari Jumat Agung sebagai pengorbanan-Nya (Tuhan Yesus) kepada umat manusia. Tuhan Yesus disalibkan.

“Ada 7 Perkataan Salib adalah tujuh ucapan yang diucapkan oleh Yesus ketika Yesus disalib. Ini merupakan suatu Ucapan atau Perkataan yang sangat Istimewa bagi kalangan umat Kristiani. Sebab perkataan ini mengandung banyak sekali pengajaran yaitu, mengajarkan kita untuk mengampuni seseorang yang bersalah kepada kita, mengasihi seseorang, menghormati orang tua, dan lain-lain. Intinya, Tuhan Yesus ingin kita tahu arti sebenarnya kasih itu lewat pengorbanannya di Kayu Salib untuk menebus dosa umat manusia,” tutur Pdt. Hendri, S.Th.

Setelah pemberitaan Firman Tuhan yang disampaikan Pdt. Hendri, S.Th, dilanjutkan doa syafaat oleh Pdt. Yulistri S. Basar, M.Th, kemudian dilaksanakan Sakramen Perjamuan Kudus dipimpin Pdt. Gudmar Untung, S.Th yang diikuti seluruh jemaat yang hadir.

Pdt. Gudmar Untung, S.Th mengatakan, Sakramen Perjamuan Kudus yang menjadi inti di situ adalah jemaat diajak untuk merenung, menghayati tentang pengorbanan Yesus menebus dosa umatNya.

“Kita bersyukur kepada Tuhan atas segala kasih yang selalu Ia berikan kepada kita. Selamat memperingati Jumat Agung dan Selamat menyongsong hari Paskah tahun 2023,” ucap Pdt. Gudmar Untung, S.Th.

Terlihat juga, suasana khidmat tampak saat berjalannya prosesi Sakramen Perjamuan Kudus yang diikuti jemaat yang hadir di Gereja Hosana ini.

(AP/Nof).