Ribuan Umat Muslim Di Barut Laksanakan Sholat Idul Fitri Ditanah lapang Samping Kantor Bupati

oleh -15 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Ribuan Umat Muslim melaksanakan Sholat Idul Fitri di berbagai tempat di Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalteng, sejumlah masjid dan tanah lapang di siapkan masyarakat untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri, Rabu (5/6/2019) pagi.

Dengan cuaca yang cerah cukup mendukung, pengurus Masjid AT-Taqwa, Jalan Tumenggung Surapati, menggelar Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah di Lapangan samping Kantor Bupati Jalan Ahmad Yani, Muara Teweh.

Baca Juga :   Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pergesran Pasukan Pengamanan TPS Mura

Panitia menunjuk Ustadz Susanto.S.Pd.I  dari Kota Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi khatib dan Iman salat Idul Fitri tersebut.

Dalam Khotbahnya berjudul  “Memulai Dari Yang Halal” Ustadz Susanto menyampaikan, Ramadhan mendidik kaum muslimin agar menundukan syahwatnya.

“Ketika Ramadhan kaum muslimin dilarang melakukan hal-hal yang pada hakikatnya halal bila dilakukan pada siang hari di luar ramadhan, seperti makan, minim, dan berhubungan suami istri. Karenanya, seseorang yang telah mendapatkanpendidikan ramadhan akan lebih mampu untuk menahan diri dari makan dan minim yang tidak jelas asal usulnya serta mampu manjaga diri dari pergaulan lawan jenis yang diharamkan,” ujar ustadz Susanto.

Baca Juga :   Satlantas Polres Barut dan Dinas Perhubungan Laksanakan Ramp Check Kendaran Umum Menjelang Mudik Lebaran

Lebih lanjut Ustadz Susanto mengingatkan agar mulut kita senantiasa terhindar dari ucapan-ucapan dusta dan sia-sia.

“Kita usahakan agar telinga kita tidak pernah mendengar kecuali dzikrullah. Kita jaga mata kita agar tidak melihatsesuatu yang dilarang oleh Allah. Bahkan yang tidak kalah pentingnya kita jaga agar setiap teguk air kita minumdan sesuap nasi yang masuk kedalam perut kita, betul-betul kita seleksi. Sehingga setetes air dan sebutir nasi yang masuk ke dalam tubuh kita dipatikan adalah air dan makanan yang halal,” jelasnya.

Baca Juga :   Tiga Pilar Kecamatan Bakal Gelar Gowes Bareng Masyarakat

Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah berjalan dengan khusu, tertib aman.(Tim)