Rumah Pajang Produk Unggulan Perdesaan Ekonomi Produktif Kemarin Diresmikan

oleh -13 views

TEWENEWS, Jombang – Beberapa bantuan dari Pemerintah Pusat, Jumat (24/1) kemarin di terima langsung oleh Pemkab Jombang, program dari Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, diserahkan untuk Bumdes Bersama yang ada di Kecamatan Sumobito dan Kecamatan Wonosalam.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutan menyampaikan terima kasih, Ibu Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi yang telah memberikan bantuan dan memprioritaskan untuk pemerintah kabupaten Jombang.tutur Hj. Mundjidah Wahab.

“Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi di kawasan perdesaan, pertanian, dan tanaman pangan di kecamatan Sumobito dan kecamatan Wonosalam, bantuan berupa, Rice Milling Unit (RMU) beserta kelengkapannya, di desa Maras kecamatan Sumobito, Rumah Pajang dikelola oleh bumdesa bersama di kecamatan Wonosalam. Usaha ekonomi produktif bagi rumah tangga miskin di kecamatan wonosalam meliputi desa Galengdowo, Wonomerto dan desa Jarak dan usaha Bersama Komunitas (UBK) di desa Jarak kecamatan Wonosalam,” katanya.

Harapan saya mudah-mudahan di tahun yang akan datang, Kabupaten Jombang diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan lagi yang lebih banyak, Bupati Mundjidah Wahab usai sambutan.

Dikesempatan tersebut dilakukan Penandatanganan bantuan sarana dan prasarana Pengelolaan Pasca Panen Padi untuk Bumdes Bersama Sumber Makmur, kecamatan Sumobito, oleh Dirjend PDT dan Transmigrasi RI, Ir.Herlina Sulistyorini, MSi.

Penyerahan secara simbolis Mock Up dari Direktorat Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan kepada Bumdes Bersama Tri Manunggal Makmur Kecamatan Wonosalam. Rumah Pajang Dora I dan Dora II, Bumdes Bersama Tri Manunggal Makmur.

Prof. Ahmad Erani Yustika staf khusus presiden, Ir. Harlina Sulistyorini Dirjen PKP Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, dan Sadarestuwati dalam sambutannya berharap bantuan dari pemerintah Pusat ini dimanfaatkan sebaik baiknya. Jombang sebagai pilot project diharapkan mampu menjadi contoh bagi daerah lainnya.

“Saya berharap harus ada gerakan mandiri dari desa jangan hanya bergantung dan menunggu bantuan dari pusat terus menerus. Gunakan dana desa dengan sebaik baiknya, jika tahun lalu untuk infrastruktur tahun berikutnya gunakan untuk Pemberdayaan dan Peningkatan kapasitas SDM dan ekonomi”, tutur Prof Ahmad Erani Yustika.

Bupati dan rombongan keliling melihat proses langsung dari rumah produksi RMU Bumdesma Sumber Makmur desa Mlaras Kecamatan Sumobito.

Penyerahan bantuan ini dipusatkan di Balai Desa Mlaras Kecamatan Sumobito, dihadiri oleh Ir.Harlina Sulistyorini, MSi, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Ir. Sadarestuwati, MMA anggota Komisi V DPR RI, Prof. Ahmad Erani Yustika staf khusus Presiden, Drs. Lutfie Latif, Msi, Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan, Kemendestrans 5). Bupati Jombang, Asisten, OPD terkait, Camat dan Kepala Desa terkait dan pengurus Bumdes.(Joko)