Safari Ramadhan, Pelda Wahidin Berikan Materi Wawasan Kebangsaan

oleh -62 views

TEWENEWS, Cilacap – Bati Tuud Koramil 08/Adipala Pelda wahidin berikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) pada kegiatan safari ramadhan yang di selenggarakan TP PKK Kecamatan Adipala bertempat di Masjid Manzilul Mu’minin, Jl. Terate RT 03/04 Desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala, Rabu (08/5).

Pada kegiatan tersebut Pelda Wahidin menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan, mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Berbagai cara pun bisa dilakukan sebagai wujud nyata tentang sikap cinta tanah air. Menurut Pelda Wahidin, diantara wujud nyata itu diantaranya bangga sebagai bangsa Indonesia, menjaga nama baik bangsa Indonesia, menggunakan hak pilih dalam pemilu, menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan, aktif berpartisipasi dalam pembangunan nasional, menuntut ilmu dengan sungguh sungguh, melestarikan kebudayaan Indonesia, menjaga kelestarian lingkungan, menciptakan kerukunan antar umat beragama, hidup rukun dan bergotong royong.

Baca Juga :   Dandim Solo Sambangi Warga Yang Terkena RDP (Covid 19)

Selain menjelaskan tentang wujud nyata cinta tanah air, Pelda Wahidin juga menjelaskan tentang empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI serta tiga unsur pokok wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangasaan, dan semangat kebangsaan.

Baca Juga :   Wakil Bupati Mura Rejikinor : Pembuangan Bayi itu Perbuatan Keji, Polisi Usut Tuntas Kasus Ini

” Sikap saling menghormati dan menghargai, mengutamakan kebersihan, tertib serta sehat di lingkungan, menghayati ajaran agama serta kasih sayang antar sesama, itu salah satu cara pandang bangsa Indonesia yang harus kita ikuti, ” jelas Pelda Wahidin.

Kegiatan diikuti antusias oleh para peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut. Turut hadir pada kegiatan Camat Adipala Drs Teguh Prastowo, Kepala Desa Glempang Pasir Margana, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Drs. Yuyu Kartini, Ketua Persit Ranting 09 Adipala yang diwakili Ny Wahidin beserta anggaota, Ketua Bhayangkari Polsek Adipala diwakili Ny Syamsudin beserta anggota, Koordinator PLKB Kecamatan di wakili Ny. Puji Maryanto, Ta’mir Masjid Manzilul Mu’minin M. Supardi, Imam Masjid KH. Aminun serta sesepuh desa Kyai Abu Hasan.(Totong/Urip)