Salah Lokasi Putar Balik, Low Belt Trailer Hantam Tiang Telkom dan Traffick Light

oleh -172 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Akibat salah perhitungan supir Low Belt Trailer untuk putar balik kendaraannya, akhirnya mengakibatkan Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) di Simpang Tiga Tumpa Dayu kelurahan Tamiang Layang kecamatan Dusun Timur kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah.

Lakalantas tersebut terjadi pada minnggu 07 Juni 2020 Dini hari, meskipun tidak ada korban jiwa pada Lakalantas tersebut, namun kerugaian diperkirakan Puluhan Juta Rupiah.

Kapolres Bartim AKBP Hafidh Susilo Herlambang SIK melalui Kasat Lantas Iptu H. Sugeng, SE membenarkan kejadian Lakalantas tersebut “Benar pada dini hari tadi sekitar jam 01.00 Wib ada kejadian Lakalantas”, ucapnya Minggu (07/06/2020)

Kendaraan Low Belt Trailer tersebut menyenggol tiang Telkom dan tiang traffic light, sehingga tiang tersebut roboh dan putus serta meloroknya beberapa kabel yang menyebabkan kerugian bagi pihak Dinas Perhubungan, Telkom dan TV Cable Dede TV Tamiang Layang.

Untuk itu saat ini kendaraan dan supirnya sudah amankan, kemudian pagi kita sudah lakukan olah TKP dan kita panggil beberapa pihak terutama korban, untuk mendata dimana kerusakan dan kerugiannya, jelas Kasat.

Terpisah M. Sugianor Korlap Telkom STO Tamiang Layang mengungkapkan saat ini pihaknya sedang melakukan penanganan dilapangan, karena sekitar 50 pelanggan Indihome yang rusak jaringannya termasuk kantor-kantor.

“Ada tiang dan kabel kita banyak yang hancur, termasuk kabel udara, diperkirakan kerugian sekitar Sepuluh Juta Rupiah”, paparnya.

Sementara itu supir Low Belt Trailer Ahmad Efendy menyesalkan kejadiann tersebut “Saya dari arah banjarmasin, setelah tiba di Tamiang Layang dan menelpon teman saya menanyakan posisinya, ternyata berada di Tanjung kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan “.

Kemudian saya ingin putar balik akan menyusul teman ke Tanjung, nah saat putar balik di simpang Tiga Tumpa Dayu, ternya tangga Low Belt Trailer ada yang menyangkut kabel tanpa saya sadari, sehingga mengakibatkan tumbangnya beberapa tiang dan melotot kebawah beberapa kabel.

Menurut Ahmad, dirinya sudah menghubungi manajemen tempatnya bekerja dan masih menunggu informasi untuk menyelesaikan ganti rugi dengan pihak yang dirugikan. (Ahmad Fahrizali)