Sambel Kreteg Mak Yulia Kuliner Khas Suralaya Ini Sukses di Dukung Pihak Kelurahan

TEWENEWS, Cilegon – Ketika berwisata tidak lepas dari menikmati aneka kuliner, maka bermunculan festival-festival kuliner. Ada banyak festival kuliner di Indonesia. yang menyajikan aneka macam menu makanan khas daerah. Kelurahan Suralaya Kabupaten Cilegon, mempunyai makanan kreasi yang unik yaitu Sambel Kreteg.

Ditemui dikantor Kelurahan Suralaya, dalam wawancara singkatan oleh awak media Yulia Agustina sekaligus staf Kelurahan, Selasa (10/09) mengatakan pada awalnya mau mengisi stand di hari ulang tahun Kota Cilegon 4 tahun yang lalu.

” Saya meminta ada makanan kereasi sendiri dan oleh Kepala Kelurahan Suralaya mendukung penuh agar sambel kreteg untuk di promosikan melalui stand Kelurahan Suralaya. Kecamatan Pulomerak sekaligus memperkenalkan ke masyarakat sambel kreteg yang sudah langka,” ucapnya.

Ia menambahkan karena sambel kreteg sudah langka, kami selaku warga Suralaya saat ulang tahun Kota Cilegon di selenggarakan membuat iklan di facebook dan watshap, tentang sambal kreteg setelah empat tahun berjalan dalam binaan PT. Indonesia Power kami membentuk kelompok Sambelan Kereteg Anggana. Ada empat macam parian rasa di antaranya rasa sambal kreteg teri dan rebon.

” Cara membuat sabal kreteg sangat mudah sekali, bahan-bahannya di antaranya bawang merah cabe rawit dan garam saja, masalah harga berparian rasa tergantung ukuran teri dan rebon, untuk  harganya Rp 20 ribu terasi dan ORI Rp 15 ribu, kami mendapat dukungan yang sangat baik dari Lurah Suralaya dan PT. Indonesia Power dan ibu-ibu kelompok sambel kreteg saggana, kami sangat berterimakasih.atas kerja sama ini,” ucap Yulia.

Kegiatan ini berjalan kurang lebih tiga bulan, untuk pendistribusianya sudah merambah Ke Jakarta, Surabaya dan Pulau Bali. Mereka dari PT. Indonesia Power yang langsung membawa sambel kreteg ketika ada acara-acara dan mempromosikannya.

” Dari situ sudah banyak yang order melalui Whatshapp, ada dari Pak H. Asep selaku Humas PT. Indonesia Power, Kami berharap untuk pemasyaranya lebih  meningkat dari segi kualitas dan bernilai ekonomis, saya selaku staf Kelurahan Suralaya sangat bangga dengan pencapaian ini,” pungkasnya.(Abdurohim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian
%d blogger menyukai ini: