Satgas TMMD Bersama Kepala Desa Cimrutu, Datangi Rumah Sukanda, Penerima Rehab RTLH

oleh -54 views

TEWENEWS, Cilacap – Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2019 yang dilaksanakan Kodim 0703/Cilacap di Desa Cimrutu, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap telah menargetkan sebanyak 20 unit rumah yang masuk ke dalam daftar bedah rumah tak layak huni (RTLH).

Angka itu didapat oleh Satgas TMMD Kodim 0703/Cilacap dari hasil survei langsung di lapangan dibantu data dari Pemerintah Desa setempat agar program RTLH tidak salah sasaran. Hal itu dikatakan Sertu Basuki Kepada Koresponden Pendim dan beberapa media, ketika bersama Kepala Desa Cimrutu Surip Riadi mendatangi rumah Sukanda, warga RT 02/03 Dusun Cimrutu Desa Cimrutu, Minggu (14/07).

Baca Juga :   Satgas TMMD Mulai Garap Sasaran Fisik Infrastruktur di Desa Cimrutu

Sertu Basuki selaku anggota Satgas TMMD sekaligus tehnisi di lapangan mengatakan jika penyelesaian bedah rumah tersebut, ditargetkan akan segera rampung sebelum batas waktu yang sudah ditentukan.

“Ya sekarang, sudah sebagian jumlah sasaran rehab rumah sudah kita bedah dan kita bangun, sejumlah material juga sudah kita distribusikan ke semua sasaran. Kendati demikian saya optimis semua sasaran rehab rumah ini akan rampung sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, ” Ungkap Sertu Basuki.

Baca Juga :   Bentuk Karakter Siswa, Anggota Koramil 13/Majenang Bekali Bela Negara dan Kedisiplinan

Sementara itu, Kepala Desa Cimrutu Surip Riadi mewakili warganya mengungkapkan jika dirinya merasa bahagia karena desanya menjadi sasaran pembangunan melalui program TMMD. Mengenai beberapa rumah warganya yang tidak layak huni, Surip Riadi mengakui bahwa masih ada puluhan warga lainnya yang memerlukan bantuan rehab rumah. Selain program TMMD, dia berhadap ada bantuan dari pihak lainnya agar beberapa warganya yang rumahnya tidak layak huni, bisa memiliki rumah yang layak.

Baca Juga :   Kapolri Kunjungi Kantor Persis untuk Silaturahmi

Seperti halnya Sukanda, rumah yang dihuninya sangat tidak layak huni. Hidupnya sendirian ketika kedua orang tuanya telah tiada. Kondisi fisiknya yang cacat dan tidak bisa berbicara, selalu bergantung adiknya yang selalu mengirimkan makanan untuknya.

” Selaku kepala desa, tentunya saya ingin membantu warga saya untuk bisa hidup layak dan melalui program TMMD ini, Alhamdulillah rumah Sukanda akhirnya bisa diperbaiki agar layak, ” ucap Surip Riadi.(Totong/Urip)