Satlantas Polres Bartim Gencar Melaksanakan Patroli Rawan Laka

oleh -97 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Satlantas Polres Bartim rutin melakukan kegiatan rutinitasnya, yaitu patroli titik black spot atau patroli wilayah yang di anggap sering terjadi laka lantas.

Kasat Lantas Polres Bartim Iptu Sugeng, mengatakan, hal ini merupakan upaya petugas untuk menekan angka laka lantas di wilayah hukumnya.

“Kita selalu patroli menyasar jalan yang di anggap rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ujar Sugeng belum lama ini.

Dirinya mengatakan, daerah yang rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas seperti Desa Jaweten Kecamatan Dusun Timur. Hal itu dikarenakan banyaknya tikungan dan disertai tanjakan.

Baca Juga :   Melalui Pemasangan Stiker, Satlantas Polres Bartim Ajak Pengguna Jalan Terapkan Prokes

Selain itu, ruas jalan di sini juga kurang lebar. Sehingga kalau kurang berhati hati bisa menimbulkan kecelakaan.

“Maka dari itu kita selalu gencar melakukan patroli dan kita juga memasang spanduk himbauan disepanjang ruas jalan yang di anggap rawan laka lantas,” ujarnya lagi.

Dirinya menjelaskan, sasaran patroli dijalan saat ini fokus pada 7 item. Yakni untuk sepeda motor harus dilengkapi dengan dua spion dan tanda nomor kendaraan bermotor sesuai yang dikeluarkan polisi. Saat berkendara baik pengendara maupun pembonceng wajib menggunakan helm.

Sementara mobil, pengemudinya harus menggunakan sabuk pengaman, tidak boleh berkendara sambil menggunakan ponsel, sama halnya dengan kendaraan bermotor wajib melengkapi surat, seperti STNK dan SIM, tidak boleh melanggar traffic light dan melawan arus, mengemudi dalam keadaan mabuk dan berkendara dalam batas kecepatan maksimum, mobil muatan tidak boleh melebihi batas dimensi dan mobil bak terbuka tidak boleh mengangkut orang.

Baca Juga :   Satlantas Polres Bartim Ajak Pengguna Jalan Terapkan Prokes Melalui Pemasangan Stiker

“Fokus target tujuh item itu, tetapi untuk pelanggaran lain tetap harus ditindak, tergantung banyak pelanggaran apa yang menonjol sehingga dapat menimbulkan kecelakaan,” jelasnya.

Baca Juga :   Kapolres Bartim Pimpin Langsung Ops Yustisi di Perbatasan Kaltengsel

Jadi, pemilik mobil dan sepeda motor diharapkan selalu mematuhi peraturan. Meskipun target ada tujuh item, akan tetapi pelanggaran lain yang dapat menimbulkan kecelakaan juga tidak boleh dikesampingkan.(Budi)