Satlantas Polres Kapuas Adakan Pelatihan TPTKP Laka Lantas Serta Pertolongan Pertama Pada Korban Laka Lantas

oleh -9 views

Polres Kapuas – Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Kapuas Jajaran Polda Kalteng adakan pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kecelakaan lalu dan pertolong pertama pada korban kecelakaan lalu lintas guna peningkatan kemampuan Personel Polri khusunya yang berdinas di Polsek Jalur lintas. Kamis (19/5/2022) pukul 09.00 WIB.

Pada pelatihan Perdana ini di mulai dari Polsek Paling depan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Polsek Kapuas Timur Jl. Trans Kalimantan km. 14 Kec. Kapuas Timur Kab. Kapuas Prov. Kalteng.

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono, S.I.K. melalui Kasatlantas Polres Kapuas AKP Sugeng, S.E., M.M. mengatakan, kegiatan ini akan terus dilakukan kesemua Personel Polsek khususnya Polsek yang berada di jalur lintas.

“Pada kegiatan perdana ini, kami berikan pelatihan yang diadakan di Polsek Kapuas Timur di ikuti oleh seluruh Personel Polsek Kapuas timur beserta relawan yang berada di wilayah Kapuas Timur yang terdiri dari Relawan Emergency 543, Al Wustha, Rempas, Al Mubarak dan Nurul Yakin. Maksud di undangnya para Relawan tersebut agar para relawan dalam bertindak/menolong mengerti langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan pada korban yang masih hidup atau pun yang sudah meninggal, tidak hanya itu kami juga memberikan pesan pesan kamseltibcar lantas pada relawan agar dalam mendatangi TKP utamakan keselamatan pribadi dan juga pengguna jalan lainnya, jangan sampai pada saat mendatangi TKP malah membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya,” Ujar orang nomor satu di Satuan lalu lintas Polres Kapuas.

Adapun yang memberikan materi pelatihan TPTKP Kecelakaan Lalu lintas di isi langsung oleh Kasatlantas AKP Sugeng, S.E., M.M. beserta Unit Gakkum Satlantas Polres Kapuas, sedangkan pemberi materi pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas dari Dokter Rekanan Polres Kapuas Dr. Ahmad Aspiani yang di dampingi Sidokkes Polres Kapuas.

“Semoga dengan dilakukan pelatihan ini dapat membantu Personel Satlantas Polres Kapuas dalam Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) untuk percepatan waktu kelokasi kejadian serta personel yang mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikannya pada saat mendatangi TKP laka lantas ataupun pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas,” harap Sugeng. (ATN)